MANAUS – Perjalanan Timnas Inggris di Piala Dunia 2014 harus berakhir di fase grup. Itu terjadi setelah Kosta Rika mampu menghentikan perlawanan Italia sebiji gol tanpa balas pada laga kedua Grup D di Arena Pernambuco, Jumat (20/6) malam WIB.

Hasil itu menempatkan Inggris di posisi juru kunci tanpa satupun poin dari dua laga yang sudah dijalani. Sebelumnya, Inggris dipaksa mengakui ketangguhan Italia dan Uruguay dengan skor sama-sama 1-2.

Dengan satu laga tersisa, nilai maksimal hanya bisa dikoleksi Inggris hanyalah tiga angka. Laga terakhir kontra Kosta Rika pun tak akan memiliki arti apa-apa lagi bagi skuat berjuluk The Three Lions tersebut.

Pasalnya, Italia dan Uruguay yang akan saling jegal di laga terakhir sama-sama sudah mengantongi tiga angka. Dengan begitu, Italia dan Uruguay yang kini memiliki peluang mendampingi Kosta Rika ke babak 16 besar alias fase knock out.

Padahal, Inggris sebenarnya sangat berharap Italia mampu mengalahkan Kosta Rika dengan skor telak. Setelah itu, Inggris juga berharap Italia menjungkalkan Uruguay dengan margin telak. Dengan begitu, Inggris memiliki harapan lolos ke knock out lewat produktifitas gol. Sayangnya, harapan Inggris musnah karena Italia malah dijungkalkan Kosta Rika.

Bagi Inggris, kegagalan melaju ke fase knock out Piala Dunia adalah rekor terburuk dalam 56 tahun. Kali terakhir The Three Lions gagal melangkah ke fase hidup mati ialah pada Piala Dunia 1858 silam. Kebetulan, ketika itu Inggris juga dihuni banyak pemain muda seperti yang saat ini diboyong ke Brasil. (jos/jpnn)***