Iti dan Irna Berharap WH-Andika Bisa Lepaskan Predikat Daerah Tertinggal Dari Lebak dan Pandeglang

Bupati Pandeglang Irna Narulita

SERANG – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dan Bupati Pandeglang Irna Narulita menaruh harapan besar terhadap Gubernur Banten Wahidin Halim dan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy. Kedua pemimpin perempuan di Banten tersebut berharap kepemimpinan WH dan Andika bisa melepaskan predikat daerah tertinggal yang selama ini bersemat di daerah Pandeglang dan Lebak.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya menjelaskan, Banten sebagai dearah penyangga ibu kota negara tidak bisa lagi bersantai-santai. Menurutnya perlu segera melakukan percepatan pembangunan di delapan kabupaten kota.

“PR yang paling berat adalah  meningkatkan IPM Kabupaten Lebak. Itu tidak hanya menjadi tugas pemerintah daerah tapi harus ada juga dukungan pemerintah provinsi,” ujar Iti kepada awak media setelah proses serah terima jabatan di pendopo Gubernur Banten KP3B, Curug, Kota Serang, Senin (15/5).

Menurut Iti, selain itu, WH dan Andika pun diharapkan bisa membantu Kabupaten Lebak untuk menekan angka putus sekolah serta meningkatkan infrastruktur pendidikan serta pelayanan kesehatan.

Sementara itu, di lokasi yang sama, Bupati Pandeglang Irna Narulita menjelaskan, Kabupaten Pandeglang serta Kabupaten Lebak merupakan dua daerah yang perlu mendapatka perhatian serius dari pemerintah provinsi. Itu mengingat dari ketimpangan yang terjadi dengan daerah lainnya di Provinsi Banten.

“Predikat daerah tertinggal bisa lepas dari kami,” tegas Irna.

Salah satu dukungan yang bisa diberikan Pemprov Banten yaitu melalui alokasi bantuan keuangan yang proporsional dengan kondisi dua daerah tersebut. “Saya rasa harus jadi perhatian khusus, formulanya lebih khusus,” ujarnya.

Irna pun berahap agar 12 proyek strategis nasional yang berada di Provinsi Banten tidak bergesar khususnya yang  berada di Kabupaten pandeglang. “Kita saling bantu, kita akan suport Banten, tapi pemprov pun harus suport kita,” ujarnya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)