Iwan Fals Ajak Musisi Bangkitkan Lagu Anak

0
814 views
Iwan Fals saat konferenai pers peluncuran google app #SelaluTau Musik di Three Buns, Senopati, Jakarta Selatan, Selasa (7/3). Foto: Jawa Pos

Ide bermusik Iwan Fals masih tajam. Di usianya yang mulai senja, penyanyi dan pencipta lagu yang memiliki nama asli Virgiawan Listanto terus berkarya. Tak lagi mengkritik pemerintah, Iwan mencoba untuk membuat lagu inspiratif bertema anak-anak.

Musisi legendaris Iwan Fals memberontak lewat lagu-lagu ciptaannya. Iwan mengajak seluruh rakyat Indonesia khususnya pengemarnya untuk kembali melestarikan lagu anak-anak.

Anak-anak, menurut Iwan, adalah masa generasi masa depan bangsa. Karena itu, anak-anak harus dimanjakan, mimpi-mimpi dan semangat mereka harus dirawat dan disemangati salah satunya dengan musik.

Sayangnya, musik anak-anak semakin menghilang dari peredaran. Kebanyakan lagu anak sudah tidak lagi sesuai dengan usianya.

Sebagai musisi tiga zaman, Iwan Fals ingin kembali menghidupkan lagu-lagu anak. Menurutnya, harus ada yang memulai untuk kembali menghidupkan lagu anak yang sesuai dengan usianya. “Ada orang-orang dewasa yang harus memberikan terbaik buat anak-anak, saya yakin akan ada lagu anak-anak yang lahir nanti,” ungkap Iwan Fals saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (7/3).

Lebih lanjut, Iwan Fals mengajak semua musisi untuk membangkitkan kembali lagu anak nusantara. Untuk menciptakan lagu anak yang sesuai usianya, seorang musisi harus mengenal dunia anak-anak secara mendalam. “Kalau bicara anak-anak, harus tahu anak-anak itu apa. Jangan merasa sok tahu tentang anak, tapi kita enggak mau tahu tentang anak. Kita enggak mau bertanya sama anak,” tambahnya.

Untuk membuat lagu anak yang berkualitas, Iwan mengajak para musisi untuk menjalin komunikasi dengan anak-anak. Mengenal lebih dalam aktivitas dan keseharian anak-anak. “Anak-anak enggak tahu apa-apa, bermain di lumpur  pun bakal main, jadi sangat tergantung sama orangtua,” ceritanya.

Iwan berharap, para orangtua memberikan pendidikan dan harapan yang terbaik untuk anak-anaknya termasuk selera bermusik. Anak adalah amanat Tuhan. “Buru-buru sadar orangtuanya untuk memberikan yang terbaik buat anak. Anak nomor satu itu. Amanat Tuhan,” tutupnya. (JPG)