Iwan Fals Mewarnai RT 08 Kroya Baru

0
919 views

KASEMEN – Gambar-gambar  Iwan Fals dan Oi menghiasi lingkungan RT 08 RW 02, Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen. Dekorasi RT di Lingkungan Kroya Baru ini dilakukan oleh anak-anak Oi, organisasi yang didirikan Iwan Fals Fans Club.

“Para pemuda yang melukis rata-rata anak Oi, jadi gambar dilingkungan kami rata-rata bertema Iwan Fals. Ada juga gambar beberapa tokoh nasional seperti Presiden Sukarno dan Mohammad Hatta,” kata Ketua Pemuda RT 08 Aryadi.

Ia menjelaskan, gambar-bamar wajah Iwan Fals menggunakan cat itu menghiasi sekitar empat tembok kosong di RT 08. Ada berbagai versi lukisan. Namun, rata-rata dibuat dengan warna hitam-putih.

“Kami memanfaatkan sisa-sisa cat aja. Kebetulan ada tembok kosong yang cukup lebar, jadi dimanfaatkan oleh pemuda,” jelas Aryadi.

Ketua RT 08 Abdul Fatah membenarkan jika penataan lingkungan di RT-nya, kebanyakan dilakukan oleh para pemuda. Tak hanya pengecatan, tapi juga penghijauan dan pembuatan gapura. Karena orang tua di RT 08 kebanyakan bekerja ke sawah, penataan lingkungan ini dilakukan pada malam hari.

“Sekarang masih fokus penghijauan di halaman rumah masing-masing warga dulu. Mungkin akhir Juli, kami lanjutkan karena di beberapa titik (hasil penataan-red) sudah ada yang rusak,” ujar Abdul Fatah.

Pemagaran jalan di RT 08 juga dilakukan. Untuk merapikan kampungnya, warga menggunakan kayu palet sebagai pagar. Pagar dicat dengan bermacam warna sesuai keinginan warga. 

“Karena di sini susah bambu, kami manfaatkan kayu palet. Di sini, (kayu palet-red) banyak,” tandas Abdul Fatah. (rio/don)