Pengurus Tagana Lebak.

LEBAK – Iwan Hermawan terpilih sebagai ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Lebak periode 2018-2023, menggantikan Aan Wiguna yang menjabat periode sebelumnya selama lima tahun.

Pergantian kepemimpinan dilakukan pada Musyawarah Daerah ke-3 Tagana Lebak di Aula Balai Pemulihan dan Pengembangan Sosial (BP2S) Lebak, Sabtu (3/3).

Iwan Hermawan mengatakan akan mengemban amanah ini dengan baik, sehingga bisa meningkatan kapasitas dan kompetensi Tagana yang merupakan garda terdepan dalam penanggulangan bencana.

“Saya ingin Tagana lebih kompak dan lebih profesional sebagai garda terdepan dalam penanggulangan bencana,” katanya.

Untuk mencapai semua itu, Iwan mengungkapkan, akan menggembleng potensi dan keahlian anggota Tagana di masing-masing bidangnya. Seperti water rescue dan vertical rescue.

Aan Wiguna, mantan ketua Tagana Lebak, berharap kapasitas dan kompetensi Tagana agar lebih baik lagi dan mendapatkan tambahan peralatan penanggulangan bencana, seperti perahu.

“Sekarang anggota Tagana ada 230 orang. Dengan jumlah tersebut Tagana bisa bekerja secara maksimal dalam menjalankan tugasnya sebagai garda terdepan penanggulangan bencana,” ucapnya.

Aan berharap agar Tagana terus melakukan komunikasi dengan pemerintah daerah untuk bersinergi dalam penanggulangan bencana.

“Jaga hubungan harmonis dengan pemerintah dan terpenting terus berlatih dan kembangkan keahlian kita dalam penanggulangan bencana sehingga ketika bencana terjadi selalu siap, sudah terlatih, dan profesional,” tegasnya. (Omat/twokhe@gmail.com).