Jabatan Eselon II Kosong, Kegiatan di Dua OPD Tak Berjalan

0
1.068 views

SERANG – Jabatan eselon II di dua organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Banten hingga kini masih kosong, akibatnya, kegiatan pada dua OPD tersebut tidak berjalan.

Dua OPD yang mengalami kekosongan yaitu Kepala Biro Bina Infrastruktur dan Sumber Daya Alam (SDA) dan Kepala Biro Pemerintahan. Jabatan Kepala Biro Pemerintahan kosong karena pejabat sebelumnya, Amri Chan pensiun per 1 Juni lalu. Sedangkan, Biro Bina Infrstruktur tanpa komando setelah pejabatnya yakni Wira Hadikusuma dijebloskan ke penjara karena tersandung kasus korupsi 22 Mei lalu.

Berdasarkan keterangan pegawai yang enggan disebutkan namanya, kegiatan-kegiatan di dua OPD tersebut tidak berjalan karena anggaran tidak bisa dicairkan.

“Kenapa tidak bisa dicairkan, ya karena tidak ada kuasa pengguna anggarannya (KPA),” ujarnya, Selasa (25/7).

Senada dikatakan ASN lainnya yang bertugas di Biro Pemerintahan. Pegawai yang juga enggan disebut identitasnya ini mengungkapkan, sejak Amri Chan pensiun 1 Juni kemarin praktis kegiatan di OPD-nya tidak berjalan.

“Iya, enggak jalan sama-sekali. Ya vacum aja. Sejak pak Amri Chan pensiun saja itu, jadi sekarang masih kosong, belum ada pejabatnya,” ujarnya.
Asda III Provinsi Banten Samsir membantah hal tersebut. “Jalan. Yang kosong itu kan baru dua, Biro Pemerintahan dan Pak Wira itu,” ujarnya.

Ia mengatakan, surat permohonan rekomendasi untuk melaksanakan lelang jabatan sudah dilayangkan ke Kemendagri dan KASN pekan lalu.

“Senin (pekan) kemarin sudah kita bawa suratnya ke KASN dan Kemendagri. Ke Kemendagri itu rekomendasi saja, targetnya agustus paling lambat Oktober kita mulai,” ujar Samsir.

Ia menjelaskan, Gubernur Banten Wahidin Halim sudah bisa melantik pejabat pada November mendatang.

“Paling terakhir pensiun di tahun ini kan Kesbangpol Pak Rusdjiman Oktober itu,” katanya.

Jabatan yang rencananya dilelang tahun ini yaitu Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Kepala Biro Administrasi Rumah Tangga Pimpinan (ARTP), Kepala Biro Pemerintahan, Kepala Biro Infrastruktur dan SDA, Kepala Biro Umum, Kepala Badan Kesbangpol, dan Staf Ahli Gubernur. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)