Jabatan Kepala DPMD Banyak Diminati Camat

SERANG – Jabatan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dilelang terbuka (open bidding). Sedikitnya sepuluh pejabat eselon III yang dinyatakan lulus seleksi berkas, mayoritas jabatan camat.

Kesepuluh pejabat itu, di antaranya Rudi Suhartanto yang kini menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPMD, Sarudin yang menjabat Kepala Bagian (Kabag) Bina Program Sekretariat Daerah (Setda) Setda, Ade Hadhi Sukalta yang menjabat Kabag Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Setda, Raden Lukman Harun yang menjabat pengawas di Inspektorat. Enam peminat lainnya pejabat camat. Selengkapnya lihat grafis.

Kepala Bidang Pengembangan Karir (Bangrir) Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan tahap lelang jabatan kepala DPMD. Katanya, lelang jabatan eselon II tersebut banyak peminat. “Ada sepuluh (peminat lelang jabatan-red), paling banyak camat,” ungkap Surtaman yang dikonfirmasi Radar Banten melalui sambungan telepon seluler, Jumat (2/8).

Kesepuluh pejabat yang yang sudah dinyatakan lulus seleksi administrasi lelang jabatan, kata Surtaman, selanjutnya akan mengikuti uji asesmen pada 7 sampai 8 Agustus mendatang. Ia menargetkan, proses lelang jabatan selesai akhir Agustus. “Jadwal pelantikan nanti kita serahkan ke Bupati,” terangnya.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Serang Muhammad Novi menilai wajar banyak camat yang mengincar kursi jabatan Kepala DPMD. Menurut Novi, pejabat camat sudah menguasai kondisi masyarakat di desa. “Camat itu bersentuhan langsung dengan desa. Jadi wajar mereka ikut lelang jabatan, mungkin ingin mengembangkan potensinya,” ujar politikus Partai Gerindra ini.

Novi meminta, proses lelang jabatan dapat berjalan selektif dan objektif. Apalagi, panitia seleksi (pansel) melibatkan akademisi. “Saya harap jangan sampai ada yang dianakemaskan,” pintanya. (jek/zai/ags)