BINTANG film Tiongkok, Jackie Chan mendapat gelar bangsawan dari Pemerintah Malaysia. Dalam sebuah upacara pada 1 Februari lalu di Istana Negera Malaysia, Jackie Chan dianugerahi gelar Panglima Mahkota Wilayah. Dengan demikian, Jackie Chan berhak menyandang sebutan Datuk di depan namanya.

Dilansir Kalteng Pos (Grup JPNN.com), Kamis (5/2), aktor laga berusia 60 tahun itu berpakaian jas lengkap dan memakai songkok hitam (topi tradisional Indonesia), saat menerima sebutan Datuk pada minggu lalu.

Upacara pengukuhan Jackie Chan bertepatan dengan dengan Hari Wilayah Federal. Pria dengan nama lahir Chan Song Kang ini adalah salah satu dari 71 pesohor yang dianugerahi gelar kehormatan Datuk pada hari Minggu itu.

Aktor Bollywood Shah Rukh Khan juga seorang Datuk dan menjadi bintang film India pertama yang diberikan gelar tersebut. Aktris Michelle Yeoh mendahului Jackie Chan dengan menerima gelar Tan Sri pada tahun 2013.

Pengukuhan Jackie Chan dengan sebutan Datuk ini menimbulkan pro dan kontra. Sejumlah netizen di media sosial mempertanyakan kontribusi Jackie Chan terhadap Malaysia sehingga diberi gelar.

Namun, Menteri Wilayah Federal Datuk Seri Tengku Adnan Mansor membela keputusan Kerajaan Malaysia terkait Datuk Jackie Chan.

“Jacky Chan adalah aktor dengan banyak penggemar di Malaysia dan dapat mempromosikan Malaysia khususnya Kuala Lumpur dan (dia) layak (mendapatkan),” ujarnya.(ism/net/jpnn)