Jadi Hidayah Rumah Tangga Orang Lain

Love Story

Love Story
Ilustrasi Love Story (Dok: RB)

Setiap orang memiliki peran masing-masing dalam kehidupan ini. Saepul (35), nama samaran, dalam hal ini mendapatkan peran aneh dari Allah SWT. Ia merasa baru menjadi hidayah Allah yang ditujukan untuk pasangan Sinta (28) dan Bendol (30), keduanya nama samaran. Gara-gara kehadiran Saepul, rumah tangga Sinta dan Bendol kembali rukun dan damai. Hmmmm kok bisa?

Peran Saepul di sini, bukan seperti ustaz atau konsultan pernikahan, menjadi penengah Sinta dan Bendol yang dirundung masalah. Namun Saepul secara tidak sengaja menjadi pihak ketiga dalam rumah tangga mereka, alias jadi selingkuhan Sinta. Lho?

“Gara-gara saya selingkuh dengan Sinta, rumah tangganya yang amburadul jadi utuh kembali, hebat kan? Hebat buat mereka, tapi buat saya jadi bete,” kata Saepul dengan muka datar.

Saepul ini cowok playboy yang sering ganti-ganti pacar, dia sendiri sudah punya anak dan istri. Namun berpacaran dengan Sinta yang berstatus istri orang, merupakan pengalaman pertama kali. “Saya ini seringnya cari yang perawan atau janda, saya belum pernah macarin istri orang. Ternyata ujungnya tidak enak,” akunya.

Menurut Saepul, kejadian ini bermula ketika Sinta mengundangnya untuk menjadi teman pada media sosial Whatsapp. Ada undangan dari Sinta yang cantik denok demplon, membuat Saepul terheran-heran. “Biasanya saya yang kasak-kusuk mengundang cewek untuk bisa chat. Tapi ini Sinta yang undang saya. Kirain ada teman sedang ngerjain. Makanya saya ladenin,” tuturnya.

Awalnya Sinta mengajak chat, kemudian ia meminta izin untuk menelepon. Tidak membutuhkan waktu lama Sinta dan Saepul menjadi sangat akrab. Bak gayung bersambut, Saepul pun membalas agresivitas Sinta. Ibarat kata, ketika kucing diberi umpan ikan, jelas pasti dikejar. “Saya pikir waktu itu, ih pas amat ya. Saya baru putus sama selingkuhan, eh datang dia. Dengan Sinta saya berkata jujur, karena dia juga jujur berstatus istri orang. Dia juga yang menawarkan untuk hubungan perselingkuhan kepada saya. Ya sudah gayung bersambut deh,” terangnya.

Hanya saja yang menjadi persoalan mereka adalah jarak. Saepul tinggal di Pandeglang sementara Sinta di Bandung. “Kalau dia tinggalnya di Pandeglang juga, sudah saya bawa kencan kemana-mana itu,” terangnya.

Karena itulah, Saepul dan Sinta berselingkuh jarak jauh. Selain chat atau telepon, mereka pun kerap ngobrol melalui video call. “Enggak jarang kami ngomong mesum, dia sendiri geh yang mancing-mancing saya,” jelasnya.

Saepul agak bertanya-tanya tentang sikap Sinta yang membuka keran perselingkuhan dengannya. Ia pun menanyakan hal tersebut, kemudian Sinta mau berbuka diri. Dari pengakuan Sinta, telah satu tahun ini rumah tangganya dengan Bendol retak. Persoalannya, karena Sinta memergoki suaminya berselingkuh dengan perempuan lain.

Lantaran hal itu, Sinta jadi benci dengan suaminya. Parahnya lagi, sang suami tidak pernah meminta maaf lantaran sakit hati dengan kata-kata Sinta ketika marah. “Katanya sih, dia pergoki suaminya jalan dengan perempuan lain. Terus dia marah-marah, eh suaminya enggak terima. Dari situ tuh mereka saling diam. Meskipun masih satu atap tapi mereka hidup masing-masing,” terangnya.

Setahun berlalu, ternyata perselingkuhan Bendol dan teman perempuannya berlanjut. Sinta kali ini diam, karena dia dan Bendol masih terlibat perang dingin. Namun karena jengkel, Sinta mencoba mencari pelarian. Saat itulah Sinta bertemu dengan Saepul di dunia maya. “Mungkin, awalnya hanya ingin main hati, ternyata kami jadi serius berselingkuh,” ujarnya.

Singkat cerita, Sinta dan Saepul berencana kopi darat pada awal puasa kemarin, tepatnya Senin (6/6). Mereka sudah merencanakan sesuatu yang nakal di sebuah tempat rahasia di Bandung. “Jauh hari sebelumnya, saya sudah janjian sama dia. Sinta ngebet banget ingin bertemu, katanya nanti akan senang-senang di sana,” katanya.

Si kucing yang awalnya diberi ikan teri, tentu menjadi sangat napsu kala ditawari ikan paus. Ia pun sudah mempersiapkan segala hal, mulai dari baju hingga uang. “Saya sudah siapkan segalanya, termasuk alasan kunjungan ke Bandung ke istri di rumah,” ujarnya.

Namun baru hendak berangkat, muncul sebuah SMS ke nomor handphone-nya. Kali ini bukan dari Sinta, melainkan dari Bendol. Pada pesan singkat, Bendol dengan baik-baik meminta Saepul tidak bertemu istrinya. Bendol juga meminta Saepul untuk tidak menghubungi Sinta lagi.

Tentu saja ini tidak dituruti, namun ternyata Sinta pun tidak ingin dihubungi kembali. Kata Sinta, ia telah berbaikan dengan Bendol dan sang suami berjanji tidak akan selingkuh. “Kata Sinta, suaminya baca chat dan pesan-pesan singkat antara saya dengan Sinta. Termasuk yang jorok-joroknya itu. Dia jadi cemburu, lalu sadar dengan kesalahannya selama ini. Karena itu dia janji mau berubah, asal Sinta tidak melanjutkan hubungan dengan saya lagi,” jelas Saepul.

Alhamdulillah, hidayah pasangan Sinta dan Bendol datang di awal Ramadan ini. Berarti puasa tahun ini menjadi berkah tersendiri bagi mereka. Tapi bagaimana dengan Saepul. Sebagai orang yang dijadikan hidayah bagi Sinta dan Bendol, apa yang dia rasakan. “Yah, kalau saya sih cuek-cuek saja. Bete sih iya, tapi enggak jadi masalah,” katanya. Waduh, berarti tetap jadi playboy dong. Cepat sadar Om, sebelum dapat hidayah Allah, hehehe. (Sigit/Radar Banten)