Jadi Kece dengan Bisnis Oke, Yuk Dicoba

0
842 views
Superbisnis Man

Di zaman supercanggih ini, mengerjakan segala sesuatu bisa dilakukan dengan mudah. Salah satunya adalah berbisnis, dengan internet dan gadget yang supercanggih, kalian bisa menjalankan bisnis melalui jejaring media sosial sendiri. Seperti berbisnis online, dengan media sosial yang ada bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk kalian. Pertama, bisa memanfaatkan teman-teman dekat untuk membantu mempromosikannya.

Punya bisnis sambil bersekolah itu banyak manfaatnya loh sobat Z. Nih, beberapa pendapat Gen Z Banten tentang berbisnis sambil sekolah. “Bisnis sambil sekolah itu bagus, saya sendiri menjalankan bisnis sambil sekolah. Banyak manfaat yang saya dapat selama saya berbisnis ini, walaupun masih dalam lingkup kecil. Dengan berbisnis, saya bisa menambah uang jajan, menabung dari hasil pendapatan kita jualan. Selian itu, kita bisa membeli kebutuhan dengan uang sendiri dan yang paling berharga adalah mendapat pengalaman berbisnis,” kata Nurkholis, Gen Z yang notabene pelajar di SMAN 1 Kramatwatu ini.

Beda lagi dengan Gen Z satu ini. “Saya sih belum pernah mencoba berbisnis sambil sekolah karena jadwal sekolah yang padat, tapi saya ada keinginan untuk mencoba berbisnis di usia remaja saya. Karena menurut saya, berbisnis dari dini itu bagus. Dengan berbisnis di sekolah, kita bisa memanfaatkan teman-teman kita yang banyak, apalagi dengan adanya media sosial. Manfaat yang bisa didapat juga, kita bisa melatih kemandirian kita,” cuap Ananda Rizqi Amalia, Gen Z yang bersekolah di MAN 2 Kota Serang ini.

Kira-kira kalau anak sekolah bagusnya bisnis apa sih? “Kalau menurut saya sih, anak sekolah itu bagusnya bisnis makanan ringan atau tas dan baju seperti online shop,” tutur Ananda.

Nah, berbisnis sambil sekolah itu baik kok Gen Z asalakan bisa bagi waktu. Jangan ketika kalian ulangan, terus ada yang order, malah lebih memprioritaskan orderan yah!

Kamu Bisa Coba Bisnis Ini!

Selain bikin kantong terisi, menjalankan bisnis sejak masih sekolah pasti bisa membuatmu lebih percaya diri dan terlatih menghadapi orang lain. Kamu juga bakal kelihatan keren banget deh. That’s why, kali ini tim Zetizen kasih beberapa bisnis recommended yang cocok banget kamu jalankan meski sambil bersekolah.

Jadi Guru Les
Kalau kamu tanya, ’’Emang kapan sih pelajaran sesusah ini bakal terpakai di kehidupan?’’, mungkin bisnis ini bisa jadi jawabannya. Daripada terlupakan dan percuma, mending ilmumu dibagi ke orang lain kan. Psst… Kalau dapat murid yang lucu dan gemesin, yakin kamu masih nggak mau jadi guru les?

Entertainment
Banyaknya acara pensi di tiap sekolah bisa jadi lahan basah yang dapat kamu manfaatkan. Kamu termasuk orang yang suka ngomong? Coba aja jadi MC. Atau mungkin kamu punya kendaraan yang nggak terpakai? Jadi logistik juga oke. Actually, nggak ada aspek pensi yang nggak bisa kamu jadikan lahan bisnis. Kalaupun nggak berhasil, setidaknya kamu bakal dapat link yang bisa kamu manfaatkan, Guys!

Jualan Kue Kecil
Masih ingat dengan popularitas rainbow cake dan kue cubit? Yep, meski udah banyak dijajakan, berjualan kue kecil yang unik tetap jadi ladang bisnis yang menguntungkan loh. Selain karena semua orang suka makan, kamu bisa bikin inovasi yang lebih mudah dengan memvariasikan bentuk atau rasa makanan. Keuntungannya lumayan loh!

Berbisnis Jasa dan Hobi
Kamu hobi utak-atik gadget? Coba tawarkan jasa setting atau oprek smartphone temanmu deh. Kamu suka otomotif? Coba aja bantu temanmu waktu motornya mogok. Atau mungkin kamu suka desain? Coba aja submit desainmu ke berbagai kompetisi. Well, tim Zetizen berani bilang bahwa berbisnis sesuai hobi itu nggak pernah jadi pilihan yang salah untuk dijalankan kok.

Never Too Young to Do Business

PERSAINGAN kerja yang makin ketat bikin anak muda nggak bisa tinggal diam. That’s why, berbisnis sejak masih sekolah adalah pilihan yang tepat. Apalagi, sekarang ini makin banyak peluang yang dapat dimanfaatkan anak muda. Yuk mulai berbisnis. (hellen-zetizen/paw/zee)