Jadi Ketua DPRD Kota Serang, Namin Janji Tuntaskan Rapeda yang Mandek

Ketua DPRD Kota Serang Namin

SERANG – Anggota DPRD Kota Serang dari Fraksi Golkar Namin diangkat sumpahnya menjadi Ketua DPRD Kota Serang menggantikan Subadri Usuludin. Usai dilantik, Senin (8/1), Namin berkomitmen untuk menuntaskan raperda yang masih mandek dan meningkatkan disiplin anggota Dewan.

“Kami akan memacu raperda yang belum selesai,” ujar Namin usai rapat paripurna istimewa pengucapan sumpah PAW Ketua DPRD Kota Serang di gedung DPRD Kota Serang, Senin (8/1).

Kata dia, raperda yang belum sempat diparipurnakan akan dipacu agar secepatnya disahkan. Apalagi, diketahui saat ini masih ada 16 raperda yang mandek.

Terkait waktu paripurna yang kerap molor hingga berjam-jam, Namin mengaku akan memaksimalkan peran Badan Kehormatan (BK) untuk menjaga marwah lembaga DPRD. “Anggota Dewan yang jarang hadir diserahkan ke alkel (alat kelengkapan-red) yang ada,” terangnya.

Kata dia, perlu diketahui, sering molornya pelaksanaan paripurna bukan hanya karena anggota Dewan yang tidak disiplin, tapi ada hal lainnya. Misalnya, ada yang belum disepakati di fraksi sehingga fraksi belum menggiring anggotanya ke paripurna.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan DPD Partai Golkar Kota Serang atas kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk menggantikan Subadri. Namun, hingga ada pelantikan, ia mengaku belum berkomunikasi dengan Subadri yang saat ini mencalonkan diri sebagao bakal calon wakil walikota Serang mendampingi Syafrudin.

Ia menyatakan akan secepatnya melakukan penyesuaian dengan pimpinan lainnya. “Dan, diharapkan mampu menyinergikan dan mengakomodasi segala perbedaan yang ada di DPRD. Apalagi ada delapan fraksi di sini yang mempunyai keinginan yang berbeda,” tuturnya.

Selain itu, ia juga akan mempertahankan kondisi yang sudah baik saat ini, termasuk sinergisme Dewan dengan Pemkot Serang. “Pembangunan akan berjalan baik apabila ada sinergi antara eksekutif dan legislatif,” ujarnya.

Walikota Serang Tb Haerul Jaman berharap, Namin dapat menjalin komunikasi dan koordinasi dengan semua pihak agar segala hal yang diprogramkan Pemkot dan DPRD bisa berjalan dengan baik dan menghasilkan yang terbaik. Banyaknya program yang berkesinambungan dan berkelanjutan membutuhkan semangat baru. “Diharapkan pelantikan ini dapat membawa angin segar dan semangat baru,” tutur Dewan Penasihat DPD Partai Golkar Kota Serang itu.

Ia juga berharap, sinergi antara Dewan dan Pemkot dapat terus terjalin untuk percepatan pembangunan. Pada kesempatan itu, Jaman juga menyampaikan terima kasih kepada Subadri karena pernah bekerja sama dan penghargaan setinggi-tingginya karena sudah memberikan kontribusi yang baik untuk Kota Serang.

Ketua DPD Partai Golkar Kota Serang Ratu Ria Maryana mengatakan, apabila Subadri ditetapkan sebagai bakal calon walikota/wakil walikota maka posisinya di Dewan akan tergantikan. Usai pendaftaran bakal pasangan calon ke KPU, pihaknya akan berkonsultasi terlebih dahulu kepada DPP. “Saat ini masih sebagai anggota Dewan, berarti masih kader Golkar,” tuturnya. Kalaupun tidak jadi daftar, pihaknya akan konsultasikan ke DPP. (Rostinah/RBG)