Jadi Langganan Banjir, Warga Cibereum Desak Pemkab Lebak Bangun Drainase

0
84

LEBAK – Sudah bosan jadi langganan banjir warga Kampung Babakan Cibeureum, Desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar mendesak Pemerintah Kabupaten Lebak untuk segera membangun saluran drainase.

 

“Rumah saya jadi langganan banjir setiap hujan deras. Lantaran mendapatkan kiriman air bah dari jalan raya dan menyebabkan banjir ke rumah saya,” kata Hasan warga setempat, Senin(9/10).

 

Menurutnya, air datang dari jalan raya KH. Moch Idrus karena jalan tersebut tidak dilengkapi dengan saluran drainase. Sehingga ketika debit air tinggi langsung meluap dan merendam ke rumah warga yang posisinya berada di bawah jalan raya.

“Sebenarnya kami sudah berupaya bikin saluran air di pas bahu jalan secara swadaya untuk membendung air, namun tidak mampu menahan debit air yang cukup tinggi bila hujan turun dengan deras. Sebab itu kami mendesak Pemkab Lebak untuk segera membuatkan saluran drainase, mengingat beberapa pekan ini sering turun hujan,” ujarnya.

Warga lainnya Lami mengatakan, sebenarnya dirinya sudah cape mengahadapi banjir. “Bagaimana tidak cape, setiap kali hujan rumah saya banjir. Rumah dipenuhi lumpur. Walaupun dibersihkan kalau keseringan juga kan cape. Saya harap pemerintah segera bangunkan saluran drainase,” tegasnya.

Sebenarnya, lanjut Lami, ia sudah berusaha agar air tidak masuk kedalam rumahnya dengan membangunkan pagar tembok didepan teras rumah. “Padahal sudah saya tembok agar air tidak masuk, namun tingginya air masih saja masuk ke rumah saya,” paparnya.

Ketua RW 02 Desa Aweh Hapidi menjelaskan, banjir yang terjadi memang tidak adanya saluran drainase yang lengkap. “Sudah ada saluran drainase tetapi baru dibangun sebelah kiri saja. Sedangkan sebelah kana tidak dibangun, sehingga ketika hujan deras aliran air dari Kampung Pasir dan Jalan raya semuanya tumpah ke permukiman warga yang belum ada saluran drainase. Nah, jadi kebutuhan drainase sangat mendesak, bila hujan deras begini,” paparnya. (Omat/twokhe@gmail.com).