Jadi Penadah Hasil Curanmor, Warga Pandeglang Diamankan Polres Lebak

LEBAK – Polres Lebak berhasil mengamankan lima orang pelaku sindikat pencurian kendaraan bermotor (curanmor), di antaranya satu orang pelaku pemetik motor, dua orang penadah dan dua orang perantara jual beli sepeda motor hasil pencurian.

Kelima tersangka tersebut yaitu; Juman (19) warga Kampung Cikadu, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Lebak sebagai pemetik. Supiani (28) warga Kampung Cilangkahan, Desa Cilangkahan, Kecamatan Malingping, Lebak sebagai penadah dan Agus Jamaludin warga Kampung Cikarae, Desa Cikadu, Kecamatan Cibitung, Pandeglang sebagai perantara. Ma’rus (24) warga Kampung Ciwangun, Kecamatan Cibaliung, Pandeglang sebagai perantara dan Heli (31) warga Kampung Padali, Kecamatan Cimanggu, Pandeglang sebagai penadah.

“Sebenarnya ada enam pelaku dalam pencurian motor ini, namun satu orang yang bernama Wawan alias Kiwong masih dalam pengejaran dan sudah dimasukkan ke dalam daftar pencarian orang (DPO),” kata Kasatreskrim Polres Lebak AKP Zamrul Aini saat menggelar ekspos di Halaman Polres Lebak, Rabu (7/3).

Dari hasil penyelidikan, kedua tersangka berhasil melakukan pencurian dua sepeda motor di wilayah Kecamatan Cileles, pertama pada bulan September 2017 satu unit motor Honda Beat dan kedua pada bulan Oktober satu unit Honda Scoopy.

“Setelah kita mendapat laporan dan melakukan penyelidikan, akhirnya Polres Lebak berhasil mendapatkan lima tersangka atas laporan tersebut. Namun ada satu orang tersangka yang masih dalam pengejaran,” tegasnya.

Pelaku pencurian motor atas nama Juman dijerat Pasal 363 ayat 2 KUHP Jo Pasal 65 ayat 1 KUHP, karena terjadi pengulangan tindak pidana, tersangka diancam hukuman 12 tahun penjara.

“Untuk penadah dan perantara kita kenakan Pasal 480 KUHP, karena dengan sengaja membeli, menawarkan, menukar, menerima gadai atau untuk menarik keuntungan, menjual, menyimpan atau menyembunyikan sesuatu benda yang diperoleh dari hasil kejahatan dengan ancaman hukuman selama-lamanya 4 tahun penjara,” tutup Zamrul. (Omat/twokhe@gmail.com)