Jadi Terdakwa Kasus Korupsi Alkes, Keluarga Doakan Agar Ratu Atut Tabah

0
623 views
Ratu Atut Chosiyah didampingi keluarga saat sidang perdana kasus korupsi alkes RSUD Banten di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (8/3). Foto : Ukon Furkon S/Indopos

JAKARTA – Mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah kembali menjadi terdakwa. Kali ini dalam kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan (alkes) RSUD Banten 2012 yang diusut KPK.

Pada sidang perdana dakwaan, Rabu (8/3), tampak hadir keluarga Ratu Atut Chosiyah di ruang persidangan pengadilan tipikor Jakarta. Tampak adik Atut yang juga Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, anak kedua Atut Andiara Aprilia Hikmat, anak bungsu Atut Ananda Triana Salichan, menantunya yang juga Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban.

Menanggapi dakwaan terhadap ibundanya, keluarga Ratu Atut Chosiyah berupaya tegar menghadapinya. Putra sulung Ratu Atut, Andika Hazrumy, hanya bisa pasrah dan terus mendoakan ibunya agar tetap diberikan kesehatan. “Sejak awal kami ikuti proses hukum dengan baik. Sebagai warga yang taat hukum, kami percaya dengan hukum. Hal teknis terkait materi kami percayakan pada kuasa hukum,” kata Andika kepada Radar Banten melalui pesan WhatsApp.

“‎Sebagai anak, kami terus men-support Ibu (menyebut Ratu Atut Chosiyah-red) dan semoga Ibu terus diberi kesehatan agar dapat mengikuti semua proses persidangan dengan sebaik-baiknya. Mohon doanya, ya‎,” kata calon wakil gubernur Banten ini tegar.

Dihubungi terpisah, Ananda Triana Salichan mengaku pasrah atas kasus hukum yang menjerat ibunya. “Saya serahkan semua kepada hukum. Indonesia kan negara hukum. Jalankan hukum sesuai prosedurnya tanpa ada campur tangan dari suatu pihak atau golongan,” katanya saat dihubungi Radar Banten via Whatsapp, kemarin malam.

Sebagai anak, pria yang akrab disapa Ananda ini hanya bisa mendoakan yang terbaik bagi ibunya. Memberikan dukungan agar orangtuanya tabah dan kuat dalam menjalani kasus hukum yang sedang berjalan. “Yang pasti saya berharap yang terbaik untuk ibu saya,” kata Ananda.

Adik ipar Ratu Atut Chosiyah, Airin Rachmi Diany, yang dihubungi Radar Banten semalam tak banyak berkomentar. Dia hanya mengatakan, “Kami semua support Ibu (menyebut Ratu Atut Chosiyah-red). Selama ini beliau sudah menjalani dengan sangat baik dan kooperatif. Mari kita doakan beliau, ya,” katanya.

Sementara itu, Ratu Tatu Chasanah juga enggan berkomentar banyak. Ia memilih menyerahkan masalah itu ke kuasa hukum. “Ini masalah hukum yang sudah dikuasakan ke kuasa hukum. Silakan konfirmasi ke pengacara, jangan bawa ranah hukum ini ke keluarga. Cukuplah membuat keluarga bersedih dan jangan buat masyarakat Banten terus melihat kesedihan itu. Izinkan kami konsentrasi bekerja mengabdikan diri untuk masyarakat Banten,” ujarnya. (Deni S/Supriyono/Radar Banten/JPNN)