Jadi Tuan Rumah MTQ XVII, Camat Citangkil: Targetnya Perbaiki Peringkat

CILEGON – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XVII tingkat Kota Cilegon telah dibuka di lapangan Tegal Tong, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Citangkil, Selasa (27/2) malam. Plt Wali Kota Cilegon Edi Ariadi membuka secara langsung pembukaan tersebut.

Masing-masing kecamatan di Kota Cilegon membawa serta para kafilahnya. Perhelatan MTQ ini akan berlangsung hingga Jumat 2 Maret mendatang. Para peserta dilarang keras diambil dari luar daerah, wajib memiliki KTP Cilegon.

Menjadi tuan rumah gelaran MTQ tingkat Kota Cilegon tahun ini, Camat Citangkil Joko Purwanto mengaku target yang ia kejar ialah untuk memperbaiki peringkat yang diraihnya di MTQ tahun lalu. Tahun 2017 lalu, Kecamatan Citangkil hanya dapat meraih peringkat ke-4 dengan perolehan nilai 34.

Sedangkan untuk juara umum Kecamatan Cilegon patut berpuas diri dengan raihan nilai 67. Disusul Kecamatan Grogol yang mendapat peringkat ke-1 dengan nilai 66. Kemudian Kecamatan Cibeber peringkat ke-2 dan peringkat ke-3 diraih oleh Kecamatan Purwakarta.

“Targetnya kita memperbaiki peringkat. Tahun kemarin ke-4. Padahal dari 2016 kita juara umum. Makanya tahun ini harus kita perbaikilah agar peringkatnya bisa naik. Kalau kafilah kita baik, tak ada salahnya bisa juara umum,” ujar Joko.

Namun sebagai tuan rumah, Joko menyebut ada beban lainnya selain target perolehan peringkat itu. Kata dia yang terutama itu penyelenggaraannya harus sukses dahulu. Joko mengaku Kecamatan Citangkil tidak memiliki masjid yang halamannya luas. Oleh karena itu penyelenggaraan berlangsung di lapangan yang biasa digunakan untuk sepak bola.

“Saya hanya menyiapkan tempat, mengerahkan massa, dan menyiapkan majelis di sembilan tempat. Masalah juara umum itu nomor dua lah,” tuturnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)