Jadi Wilayah Industri, Pemprov Janji Lindungi Kawasan Pertanian Banten Utara

Net. Ilustrasi
Net. Ilustrasi

SERANG – Dalam revisi Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) 2010-2030, Pemprov Banten telah memutuskan wilayah Banten Utara seperti Kota Cilegon, Kabupaten Serang agar dijadikan kawasan peruntukkan perindustrian atau wilayah khusus industri.

Meski begitu, Pemprov mengaku berjanji akan melindungi lahan-lahan pertanian khususnya lahan produktif yang bukan tadah hujan.

Terkait wilayah industri, dalam peta revisi RTRW yang diperoleh Radar Banten Online dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten, terlihat, sepanjang daerah pesisir dari Kota Cilegon hingga Tirtayasa Kabupaten Serang akan menjadi kawasan khusus industri.

Wilayah-wilayah lain yang akan menjadi kawasan industri di wilayah Banten Utara yang terlihat dalam peta revisi RTRW seperti, Binuang, Cilkande, Jawilan, Kragilan, Kibin, Pontang dan Cikupa.

Kepala Bappeda Provinsi Banten Hudaya, mengatakan, Pemprov memastikan ruang-ruang tertentu yang menjadi eksisting pertanian akan di proteksi dari industri. Misalnya, Tanara, meski sudah jelas untuk industri, tapi bukan berarti seluruh Tanara akan menjadi industri, begitu juga di Tirtayasa Pontang dan daerah lainnya. “Justru revisi RTRW memastikan wilayah-wilayah yang jelas tadi akan diproteksi,” katanya, Jumat (26/2/2016). (Bayu)