Syukuran produksi film Kartini. Foto: JawaPos.com

JAKARTA – Jadwal rilis film Kartini yang diproduksi Legacy Pictures resmi diundur. Semula film biopik itu dijadwalkan tayang Desember tahun ini, namun dipindahkan jadi April 2017.

Ada beberapa faktor yang membuat film garapan sutradara Hanung Bramantyo ini terpaksa diundur. Salah satu di antaranya adalah jadwal kosong pemain untuk memulai syuting. Ada pula hasil riset data baru yang mengharuskan perubahan skenario film Kartini.

“Mau shooting akhir 2015 Desember tapi bentrok sama filmnya Dian Sastro jadi molor,” kata Hanung Bramantyo di XXI Djakarta Theatre, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/7).

“Syukur juga ada kendala itu, karena dari situ kami dapat data dan buku dan fakta baru. Maka kami bedah lagi dan bikin skenario lagi,” sambung Hanung seperti dilansir JawaPos.com.

Hasil riset dan fakta baru soal kehidupan Kartini itu memaksa suami Zaskia Adya Mecca itu merombak skenario. Hal itu membuatnya semakin subyektif untuk mengangkat kisah hidup pahlawan perempuan itu.

“Film biopik itu kayak menggali harta karun. Selalu ada yang baru ketika kita melakukan riset,” jelasnya.

Hanung menyebut proses pengambilan gambar akan dilakukan Juli 2016. Jadwal itu juga memungkinkan ada perombakan lagi di dalamnya.

“Kalau ada data baru bisa aja kita shooting lagi, editing kalau ada data baru kita akan shooting lagi. Jadi tidak terburu-buru, saya nikmati prosesnya,” ungkap.

“Kita lebih memilih April karena harus ditayangkan di bulan Kartini sepertinya ya,” tambah Hanung. (ded/jpg)