Jaga Kerukunan dan Kedamaian di Kota Serang

0
1.673 views
Walikota Serang Syafrudin saat menghadiri Hari Amal Bakti (HAB) ke75 Kemenag di MAN 2 Kota Serang, Selasa (5/1).

Pesan Walikota Syafrudin di HAB Kemenag

SERANG – Walikota Serang Syafrudin menyerukan seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kerukunan antar umat beragama yang sudah terbangun sejak zaman Kesultanan Banten. Kerukunan harus terus dipelihara dan dipupuk untuk menjaga harmoni kehidupan.

Syafrudin mengatakan hal itu saat menjadi pemimpin upacara apel Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kemenag dengan tema, “Indonesia Rukun” di MAN 2 Kota Serang, Selasa (5/1).

Apel HAB dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan  turut dihadiri Kepala Kemenag Kota Serang Lukman Hakim, Forum Kerukunan Umat Beragama dan jajaran pegawai di lingkungan Kemenag Kota Serang.

Syafrudin mengatakan, tema Indonesia Rukun  dimaknai sebagai refleksi atas kekurangan dan kelemahan dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Kerukunan yang menjadi corak Kota Serang salah satunya kehidupan antar umat beragama. “Saya mengajak kepada seluruh elemen, umat beragama agar menjaga kerukunan,” ujarnya.

Kata Syafrudin, Kota Serang memiliki sejarah baik. Tak ada gejolak sosial atas nama agama. “Sejak zaman dahulu tidak ada gejolak. Kita harus meneruskan,” terangnya.

Menurutnya, kerukunan antar umat beragama merupakan bagian penting bagi masyarakat, karena kerukunan salah satu cerminan untuk bisa memberikan kedamaian kepada masyarakat baik secara individu maupun secara bersama-sama. “Kerukunan  umat beragama di Kota Serang kondusif, tidak ada permasalahan yang memecah belah,” katanya.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengungkapkan, konflik agama tidak hanya terjadi antar umat beragama. Konflik internal agama sering kali muncul apabila tidak memaknai perbedaan sebagai sebuah rahmat.

Menurut Syafrudin, kerukunan dan kedamaian serta hidup bergandengan menjadi kunci utama sehingga berdampak pada aspek lain seperti aspek ekonomi, sosial dan lainnya. “Kalau kita rukun dan damai, maka masyarakat tak takut untuk berusaha atau mencari rezeki,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Syafrudin meminta pegawai Kemenag Kota Serang untuk bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Pelayanan masyarakat menjadi tugas kita bersama. Saya berharap Kemenag dan KUA (kantor urusan agama) di kecamatan terus meningkatkan pelayanan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Serang Lukmanul Hakim  memaknai Indonesia Rukun yang menjadi tema Amal Bakti ke-75 bertujuan agar kehidupan berbangsa dan beragama berjalan damai. “Dengan rukun maka Kota Serang akan damai,” katanya.

Kata dia, kerukunan umat beragama di Kota Serang hingga saat ini berjalan sesuai harapan. Hal ini dapat dilihat dalam tiap perayaan umat beragama Islam, Kristen (Protestan dan Khatolik), Budha, Hindu, serta Konghucu tidak terjadi gesekan. “Kemarin Natal semua masyarakat tetap menghargai, tanpa gesekan,” terangnya. (fdr/alt)