Jalan Aat-Rusli Dibersihkan

CILEGON – Jalan Aat-Rusli atau yang selama ini dikenal Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Cilegon dibersihkan, petugas gabungan dari beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) membersihkan ruas jalan dan trotoar dari sampah dan tumbuhan liar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon Ujang Iing menjelaskan, fokus utama agenda bersih-bersih Jalan Aat-Rusli tersebut adalah jalan dan trotoar yang berada dari kilometer 0 hingga kilometer 6.

“Setiap OPD punya tugas di titik berbeda-beda, sebenarnya sih bersih-bersih dari titik nol sampai Ciwandan, cuma yang fokus di titik nol sampai kilometer 6,” ujar Ujang Iing di sela-sela agenda bersih-bersih, Jumat (13/9).

Kata Ujang, bersih-bersih itu merupakan salah satu upaya penataan Jalan Aat-Rusli yang dicanangkan oleh Walikota Cilegon. Penataan yang dilakukan oleh OPD gabungan itu ditujukan agar jalan yang menghubungkan Kecamatan Cibeber hingga Kecamatan Ciwandan itu indah dan sesuai dengan perencanaan pembangunan jalan.

“Kita berharap ini jadi awal dan diikuti oleh masyarakat agar bersama-sama menjaga kebersihan. Karena salah satu persoalan yang sulit adalah kesadaran masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan,” paparnya.

Dalam penataan Jalan Aat-Rusli, DLH bertugas untuk memastikan ruas itu bersih dari sampah, untuk itu ia telah menugaskan seluruh UPT untuk memberikan perhatian lebih pada kebersihan jalan tersebut, dan berencana akan memperbanyak fasilitas tempat sampah. “Tapi kami butuh dukungan masyarakat juga dan pedagang yang berjualan di sepanjang jalan,” ujarnya. (Bayu Mulyana)