Jalan Ambles, Warga Desa Muara Dua Berharap Ada Perbaikan

LEBAK – Jalan Rangkasbitung – Gunung Kencana yang berada di Kampung Muara Pasir, Desa Muara Dua, Kecamatan Cikulur, mengalami ambles sepanjang sekitar 10-15 meter. Jalan tersebut ambles diakibatkan hujan deras dan gerusan air sungai kali Ciujung yang berada dekat dengan jalan.

Menurut warga setempat, Mahmudin, dirinya dengan sukarela mengatur arus lalu lintas, lantaran jalan sudah lama rusak akibat hujan deras dan gerusan air sungai ketika meluap.

“Saya kasihan melihat pengendara melewati jalan ini, apalagi untuk kendaraan kecil, seperti mobil sedan. Karena jalan ini cukup parah, bila dilewati mobil kecil,” katanya kepada Radar Banten Online, Rabu (7/2).

Menurutnya, jalan tersebut sudah hampir dua minggu rusak dan belum ada tanda-tanda akan diperbaiki oleh pemerintah.

Warga setempat lain Eli Sahroni, berharap kepada Pemerintah Kabupaten Lebak agar segera memperbaiki jalan tersebut, karena jalan tersebut adalah akses utama ke destinasi wisata pantai Sawarna.

“Kalau jalan rusak begini, akan membuat wisatawan mengeluh. Jadi saya sebagai warga yang peduli terhadap Kabupaten Lebak, saya berharap jalan ini agar cepat diperbaiki secepatnya,” ujarnya.

Apalagi, lanjut Eli, tidak jauh hanya beberapa meter dari jalan rusak ada pergeseran tanah atau bahu jalan yang longsor. Longsor tersebut sangat mengkhawatirkan apabila tidak cepat diperbaiki

“Saya khawatir jika tidak diperbaiki secepatnya akan mengakibatkan jalan yang berada di atasnya tersebut juga ikut longsor. Saya melihat kondisinya sudah cukup parah juga. Apalagi jalan juga semakin sempit, akibatnya jalan diatur warga untuk membuka tutup jalan, karena hanya dapat dilalui oleh satu kendaraan saja,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Lebak Wawan Kuswanto mengatakan, pihaknya sudah melakukan survei terhadap jalan Rangkasbitung – Gunung Kencana yang berada di Desa Muara Dua tersebut.

“Kita sudah tahu, jalan tersebut rusak akibat amblas. Kita juga sudah melakukan survei. Untuk perbaikannya akan kita koordinasikan dengan Bupati Lebak, apakah perbaikannya menggunakan APBD 2018 atau menggunakan dana tidak terduga, atau bisa jadi perbaikan untuk jalan tersebut diusulkan dalam APBD Perubahan,” katanya saat dihubungi Radar Banten Online, Rabu (7/2). (Omat/twokhe@gmail.com)