Jalan Bagus tapi Tidak Ditata

0
315 views

CIKEUSAL – RW 03, Kampung Nyawanamesjid, Desa Sukamenak, Kecamatan Cikeusal, belum disiapkan untuk berkompetisi di Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020. Padahal, kampung ini punya potensi, salah satunya jalan yang bagus. Juri pun menyayangkannya.

Tim 17 yang mendapat tugas menilai kampung ini, Senin (9/11), mendapati sejumlah warga RW 03 baru membersihkan lingkungannya. Kampung ini masih polos, belum ada penataan. Hanya ada kerangka gapura dari baja ringan yang masih tampak baru dipasang.

“Sayang banget, jalannya bagus tapi belum ditata. Padahal, di kanan-kiri jalan juga sudah ada tanaman hijaunya,” tandas juri dari unsur kepolisian, Iptu Dedi Jumhaedi, kepada Radar Banten.

Ia mengatakan, warga RW 03 tinggal memperkuat lagi kekompakannya untuk menata kampung. Menurutnya, dengan melengkapi jalanan di RW ini dengan pagar, merapikan pos ronda dan membuat taman bunga atau kebun tanaman obat keluarga (Toga), kampung ini sudah terlihat bagus.

“Sudah saya sampaikan saran penataannya. Tinggal kita lihat nanti penilaian tahap dua,” ujar Dedi.

Lingkungan yang belum tersentuh penataan ini, Dedi pun menilai, RW 03 masih jauh dari kata maksimal. “Di penilaian tahap dua, warga harus sudah siap dinilai. Pemerintah Desa Sukamenak harus lebih intens mengajak warga gotong royong,” imbaunya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Sukamenak Ayi Muknais mengaku bahwa sejak bulan lalu telah mengajak warga RW 03 untuk gotong royong. Namun, katanya, terkendala karena ada tokoh masyarakat yang meninggal dunia. “Jadi, pemudanya juga nunda penataan dulu,” ujarnya. (mg06/don)