Pengendara sepeda motor saat memutar arah. Pengendara sepeda motor lainnya terlihat melawan arus.

SERANG – Jalan Raya Serang-Pandeglang di depan Kawasan Wisata Tembong Jaya, Kelurahan Karundang, Kecamatan Cipocok Jaya, rawan terjadi kecelakaan lalu lintas. Selain sebagai tempat putar arah dan termasuk jalur cepat, di lokasi ini juga aktivitas warga semakin ramai setelah gedung Pengadilan Negeri Serang yang baru ditempati.

Misalnya, kendaraan yang berbelok dan masuk ke Pengadilan Negeri. Di depan pagar pengadilan ini juga dijadikan tempat parkir kendaraan sepeda motor. Terkadang ada beberapa mobil yang parkir di tepi jalan sekitar Pengadilan Negeri.

Johan, juru parkir, mengakui di lokasi itu rawan terjadi kecelakaan. Seperti Selasa (2/8) pagi tadi ada pengendara motor yang belum diketahui identitasnya hendak memasuki Kawasan Wisata Tembong kecelakaan. “Laki-laki. Dia pakai motor matic Mio J bonceng perempuan. Pas mau masuk Tembong, ada motor Vario dari sana (dari arah Serang menuju Pandeglang) lumayan kencang, gak terkendali lalu tabarakan,” papar Johan kepada Radar Banten Online.

Menurut Johan, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Namun pengendara Mio J pingsan dan dibawa ke rumah sakit. “Di sini mah sering (kecelakaan). Minggu kemarin dua kali kecelakaan. Jalur rawan ini mah,” ujar Johan.

Hal senada diungkapkan Sahudi, petugas keamanan Pengadilan Negeri Serang. Di temui di Pos Pengamanan, Sahudi membenarkan terjadi kecelakaan hari ini. “Ia tadi sekitar jam delapan atau setengah sembilanan. Gak ada korban jiwa,” ujar Sahudi.

Jumat pekan lalu, lanjut dia, juga terjadi kecelakaan. “Ini kan jalannya lurus, terus ada jalur buat putar arah,” ungkapnya.

Ia menambahkan, truk yang hendak masuk Kawasan Wisata Tembong dari arah Pandeglang, biasanya masuk melalui jalur putar arah tersebut. Padahal berbahaya.  “Seharusnya muter dari tempat lain baru masuk ke Kawasan Wisata Tembong. Tapi yah gimana, gak ada plang larangan juga,” ujarnya.

Hepi, warga Karundang, berharap kepada instansi terkait agar mengkaji kembali lokasi putar arah di depan Kawasan Wisata Tembong dan Pengadilan Negeri Serang itu. “Temasuk jalur cepat. Arah dari Palima, sekitar dua ratus meter sebelum Pengadilan Negeri kan kondisinya menurun. Harus waspada kalau dari arah berlawanan mau putar arah,” ungkapnya. (Bayu)