Jalan Desa Ciawi-Babakan Keusik Berlumpur, Mobil Tak Bisa Lewat

Jalan Rusak
Seorang pengendara motor berhati-hati melintas di ruas Jalan Ciawi-Babakan Keusilk yang kondisinya berlumpur, kemarin. (Foto: Herman)

PATIA – Warga tiga desa di Kecamatan Patia yakni Desa Babakan Keusik, Cimoyan, dan warga Desa Pasirgadung, mengeluh. Mereka kecewa lantaran kondisi Jalan Desa Ciawi-Babakan Keusik rusak, hingga sulit dilewati oleh kendaraan roda empat.

Sejak musim penghujan tiba, jalan sepanjang lima kilometer itu sulit untuk dilewati lantaran berlumpur. Proyek pengerasan yang telah dilakukan pada tahun lalu sama sekali tidak berpengaruh, karena batu yang sempat dihamparkan hilang.

Sukirman, warga Kampung Binglu, Desa Babakan Keusik mengaku, mobil miliknya sama sekali tidak bisa digunakan lantaran akses Jalan Ciawi-Babakan Keusik yang biasa digunakan tidak bisa dilewati. “Sudah satu pekan kendaraan saya dititipkan pada warga Desa Ciawi lantaran tak bisa dibawa pulang. Padahal ruas jalan tersebut baru selesai pengerasan. Namun saat musim penghujan tiba, semua batu yang dipasang ambles,” ujarnya saat ditemui di ruas jalan tersebut, Rabu (17/2/2016) seperti dilansir Harian Radar Banten.

Satim, warga Ciawi lain mengatakan, jangankan kendaraan roda empat seperti pikap, kendaraan roda dua pun sangat sulit melintas. Apalagi beberapa jam setelah hujan turun. “Baru hari ini saja (kemarin-red) sepeda motor saya bisa melintas. Itu pun dengan dipaksakan. Kebetulan, dalam dua hari ke belakang tak ada hujan. Sehingga badan jalan yang masih tanah sedikit kering sehingga bisa dilewati,” katanya.

Dihubungi melalui telepon seluler, Kepala Desa (Kades) Babakan Keusik Abdul Syukur mengaku jika dirinya pun tak bisa melintasi ruas Jalan Ciawi-Babakan Keusik. “Jangan warga, saya saja selama seminggu gak bisa ke mana-mana, lantaran jalan tersebut tak bisa dilintasi kendaraan. Sementara, saya sudah mengusulkan agar jalan tersebut dilakukan betonisasi ke Pemkab Pandeglang. Sebab, kalau hanya sekadar pengerasan tak akan tahan lama, dan batu akan ambles lagi,” katanya. (mg-05/zis/ags)