Jalan Desa Jadi Sorotan Pembangunan Pemkab Serang

BANGUN JALAN: Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah (keempat dari kiri) bersama Dandim 0602 Serang Letkol Inf Oki Andriansyah Adiwirya, Kepala DPUPR Hatib Nawawi, dan Kepala Desa Walikukun Asep Rachmatullah melakukan simbolis pembangunan jalan, Kamis (16/3). FOTO: ROZAK/RADAR BANTEN

CARENANG – Jalan desa di Kabupaten Serang menjadi sorotan pembangunan pemerintah daerah. Soalnya, di sejumlah wilayah masih banyak kondisi jalan desa yang buruk.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, pembangunan infrastruktur menjadi program prioritas pemerintah di periode ini. “Kami bekerja sama dengan Kodim 0602 Serang untuk pembangunan jalan ini,” katanya kepada wartawan usai menghadiri pembukaan karya bakti kreatif Kodim 0602 di Desa Walikukun, Kecamatan Carenang, Kamis (16/3).

Tatu mengatakan, kerja sama tersebut sifatnya berkelanjutan. Tahun ini akan dibangun jalan poros desa di empat kecamatan, yaitu Kecamatan Carenang, Petir, Anyar, dan Jawilan. “Di Carenang ini dibangun 1,03 kilometer,” ujarnya.

Ia mengatakan, kerja sama tersebut dimaksudkan untuk mengefisiensikan anggaran dan membangun sifat gotong royong masyarakat. “Beda kalau dilelang, kalau kerja sama begini, kan kualitas dan panjang ruas jalannya juga bisa lebih,” terangnya.

Dikatakan Tatu, selain target penyelesaian pembangunan infrastruktur, pada program ini juga akan membangun sifat sosial kemasyarakatan. Dengan bergotong royong, masyarakat akan ikut serta berpartisipasi dalam membangun daerahnya.

Menurut Tatu, pembangunan jalan desa dipandang perlu karena sebagai jantung perekonomian masyarakat desa. Dengan kondisi jalan yang baik, kesejahteraan masyarakat akan lebih meningkat. “Apalagi, kan anggaran desa itu minim,” jelasnya.

Tatu menambahkan, pihaknya akan terus mendorong DPUPR untuk terus menjalin kerja sama dengan kodim untuk penyelesaian pembangunan infrastruktur. Hal itu dikarenakan sinergi antara pemerintah dan TNI harus tetap terjalin. “Bahkan, kami juga kerja sama untuk pembangunan rutilahu (rumah tidak layak huni),” imbuhnya.

Komandan Distrik Militer 0602 Serang Letkol Inf Oki Andriansyah Adiwirya mengatakan, pembangunan jalan tersebut ditargetkan selesai dalam waktu kurang dari satu bulan. “Kalau cuacanya bagus, pasti cepat,” katanya.

Ia mengatakan, anggaran pembangunan jalan desa tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Serang. Pihaknya hanya mengerahkan personel dan masyarakat setempat. “Sasaran kita bukan hanya infrastruktur, tapi juga sosial kemasyarakatan,” ujarnya.

Dalam proses pengerjaannya, Oki mengaku, akan mengerahkan prajuritnya dari Koramil Carenang dan koramil lainnya yang terdekat. Selain itu, masyarakat setempat juga akan ikut dilibatkan. “Konstruksi jalannya menggunakan lapen,” terangnya.

Perlu diketahui, tahun ini DPUPR Kabupaten Serang menganggarkan dana sebesar Rp32 miliar untuk pembangunan jalan desa. Anggaran tersebut akan dialokasikan ke 60 ruas jalan. Pada acara tersebut, hadir juga Kepala DPUPR Kabupaten Serang Hatib Nawawi, anggota DPRD Kabupaten Serang asal Carenang Abdul Gofur, perwakilan Polres Serang, Camat Carenang Bakhroem, Kepala Desa Walikukun Asep Rachmatullah, dan sejumlah perangkat struktural Desa Walikukun. (Rozak/Radar Banten)