Jalan di Rangkasbitung Diperbaiki Setelah Warga Demonstrasi

LEBAK – Jalan Tubagus Aji Dalem di Rangkasbitung Girang, Kelurahan Rangkasbitung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, akhirnya dibangun dengan anggaran Rp440 juta. Rencananya kegiatan pembangunan direalisasikan pada Desember 2019, sehingga pada awal tahun ruas jalan sepanjang 850 meter itu sudah nyaman dilalui masyarakat.

Pantauan Radar Banten di Rangkasbitung Girang, Lurah Rangkasbitung Barat Yayan Mulyana, Kepala Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lebak Irvan Suyatuvika, dan mantan Wakil Ketua DPRD Lebak melakukan pengukuran di ruas Jalan TB Aji Dalem. Mereka didampingi pengurus RT dan masyarakat setempat. Proses pengukuran dimulai dari lokasi jalan rusak di depan makam sampai Jembatan Balida.

Lurah Rangkasbitung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Yayan Ridwan menyatakan, anggaran pembangunan jalan bersumber dari dana kelurahan 2019. Jadi sebelum ada aksi tanam pohon pisang dan tebar ikan di Jalan TB Aji Dalem, Minggu (1/12), pihak kelurahan telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan ruas jalan tersebut. Namun kegiatan pembangunan belum direalisasikan dan rencananya baru akan dilaksanakan akhir tahun ini.

“Ruas jalan ini cukup strategis dan menjadi jalan poros dari Rangkasbitung ke Kalanganyar serta Desa Rangkasbitung Timur. Karena itu, kita anggarkan untuk membangun jalan di sini agar masyarakat aman dan nyaman ketika melintas,” kata Yayan Mulyana kepada wartawan, Selasa (3/12).

Proses perencanaan teknis pembangunan jalan didampingi tim dari Dinas PUPR Kabupaten Lebak agar kegiatan pembangunan yang dilakukan dengan sistem keswadayaan masyarakat berjalan dengan baik dan hasilnya berkualitas.

“Dinas PUPR sendiri akan melakukan pengawasan terhadap kegiatan pembangunan jalan di sini. Kita ingin hasilnya berkualitas dan tahan lama, sehingga bisa dinikmati lebih lama oleh masyarakat,” ungkapnya.

Kepala Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Lebak Irvan Suyatuvika menyatakan, setelah aksi unjuk rasa masyarakat, pihaknya kedatangan tamu dari kelurahan. Mereka meminta tim dari Dinas PUPR Lebak melakukan pendampingan terhadap kegiatan pembangunan jalan di Rangkasbitung Girang. Untuk itu, Irvan bersama tim teknis dari Dinas PUPR Lebak turun langsung untuk melakukan pengukuran di lokasi jalan yang akan dibangun.

“Pembangunan jalan sepanjang 850 meter ini akan selesai dua minggu. Dengan catatan proses pembangunan jalan dilakukan terus menerus dan tidak terganggu alam serta hilir mudik masyarakat,” imbuhnya. (Mastur)