Jalan Jelek Bukan Hambatan RW 03 Hulucai

0
493

BAROS – Jalan yang jelek tidak menyurutkan semangat warga untuk berbuat demi kebaikan kampungnya. Warga RW 03, Kampung Hulucai, Desa Tamansari, Kecamatan Baros, adalah contoh. Mereka telah membuat kampungnya lebih rapi dan warna-warni, meskipun jalannya berupa hamparan batu.  

“Kendala kami dalam penataan itu jalannya masih jelek. Tetapi warga kami tidak patah semangat, justru mereka sangat antusias menata kampung untuk Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA). Pemagaran dan perbaikan pos ronda sudah kami lakukan. Penghijauan juga sudah dilakukan sebagian warga. Yang belum melakukan penghijauan bukan karena mereka tidak mau, tetapi karena tanaman yang mereka siapkan belum subur, makanya dirawat dulu di rumah masing-masing,” jelas Ketua RT 06 RW 03 Qomarudin.

Semangat warganya itu membuat Qomarudin bersyukur. Sehingga, kampungnya telah berubah. Meskipun belum maksimal, kampung ini lebih rapi, berwarna, dan indah.

“Sekarang sudah kelihatan indah. Perkiraan, penataan baru sekitar 60 persen dan akan terus berlanjut,” ungkap Qomarudin.

“Yang masih belum itu taman, itu juga belum dimusyawarahkan sama warga. Kalau lokasi (pembuatan taman-red) sudah ada,” tambah Qomarudin.

Warga RW 03 Muhaemin menambahkan bahwa keamanan kampungnya cukup terjaga. Sebab, kegiatan ronda malam tidak hanya dilakukan oleh warga yang kebagian jatah. Warga yang tidak kebagian jatah ronda malam pun tetap kumpul di pos ronda.

“Biasanya, yang ronda dari jam sembilan malam sudah kumpul. Kadang sampai jam satu, kadang ada yang sampai menjelang subuh. Tinggal melengkapi peralatan pos ronda,” ujar Muhaemin. (rio/don)