Jalan Kadubungbang-Gunungsari Tinggal Batu, Warga Ancam Demo

0
379
Seorang pengendara berhati-hati melintas di ruas Jalan Kadubungbang-Gunungsari, tepatnya di perbatasan Desa Gunungsari, Kecamatan Mandalawangi, Kamis (14/9). FOTO: HERMAN/RADAR BANTEN

MANDALAWANGI – Sejumlah warga Desa Gunungsari, Kecamatan Mandalawangi, mendesak Pemkab Pandeglang untuk segera melakukan pembangunan ruas Jalan Kadubungbang-Gunungsari. Ruas jalan penghubung Kecamatan Mandalawangi, Cimanuk, dan Kecamatan Kaduhejo dengan panjang kurang lebih satu kilometer itu kini tinggal batu lantaran tidak diperbaiki selama sepuluh tahun oleh Pemkab. Tentu saja, akibatnya, aktivitas perekonomian warga terhambat.

“Agar perekonomian warga tidak tehambat, kami harap segera ada perbaikan jalan tersebut oleh Pemkab,” kata warga Desa Gunungsari, Kecamatan Mandalawangi, Sardawi kepada Radar Banten, Kamis (14/9).

Sardawi mengancam, jika dalam waktu dekat ruas Jalan Kadubungbang-Gunungsari tidak dilakukan pembangunan, akan melakukan unjuk rasa ke gedung Pendopo Pemkab Pandeglang. “Kami kesal jika terlalu lama menunggu. Kalau enggak ada perbaikan, kami akan datang ke Bupati,” katanya.

Sardawi menceritakan, ruas Jalan Kadubungbang-Gunungsari kerap terjadi kecelakaan, khususnya kendaraan roda dua. “Seminggu yang lalu juga ada warga yang jatuh akibat tergelincir pada bebatuan di jalan tersebut. Untung kejadiannya siang, jadi masih ada warga yang melintas dapat menolong. Tetapi kalau malam kejadiannya, bisa enggak ada yang menolong. Soalnya, selain kawasan jalan itu sepi, juga di sekitarnya hutan dan perkebunan warga,” terangnya.

Dihubungi melalui telepon seluler, Kepala Desa (Kades) Gunungsari, Kecamatan Mandalawangi, Sartono membenarkan, Jalan Kadubungbang-Gunungsari sudah cukup lama tidak diperbaiki lantaran kondisi jalan berada di perbatasan dengan Kecamatan Cimanuk yang seharusnya diusulkan secara bersama-sama. “Kalau usulan dari kami sering, tetapi belum ada realisasi. Kami juga berharap ada perbaikan jalan itu dari Pemkab,” katanya.

Sartono berjanji, untuk perbaikan jalan tersebut akan mengusulkan kembali ke Pemkab agar bisa terealisasi. “Saya enggak akan bosan, awal tahun sudah diusulkan. Kalau belum direalisasi, tahun depan akan mengusulkan kembali,” katanya. (Herman/RBG)