Jalan Kedaung Rusak Parah

0
817 views
Sejumlah warga melintasi jalan di Lingkungan Kedaung, Kelurahan Tegalbunder, Kecamatan Purwakarta, Rabu (11/3). Jalan tersebut saat ini dalam keadaan rusak parah.

CILEGON – Jalan di Lingkungan Kedaung, Kelurahan Tegalbunder, Kecamatan Purwakarta, dalam kondisi rusak parah. Kerusakan terjadi sepanjang 100 meter lebih. Kerusakan yang membentuk cekungan air terjadi di seluruh luas badan jalan.

Pantauan Radar Banten, kondisi cekungan terlihat menyerupai kubangan air berwarna cokelat. Akibatnya, pengendara motor menggunakan bahu jalan untuk menghindari lubang.

Adnan, salah satu warga menuturkan, kondisi jalan yang rusak parah sudah terjadi dua bulan lalu. Saat musim hujan, jalan yang berada tak jauh dari warung miliknya kerap terendam air. Kondisi itu membahayakan masyarakat, khususnya bagi yang mengendarai sepeda. Lubang besar dan terisi air pernah membuat pengendara sepeda terjatuh.

“Kalau motor mungkin enggak terlalu masalah. Pernah malam-malam, ada warga bawa sepeda habis jualan, jatuh di situ, saya yang nolongin,” ujar Adnan, Rabu (11/3).

Jalan itu merupakan akses aktivitas masyarakat di Kelurahan Tegalbunder dan kelurahan-kelurahan lain. Jalan ini juga akses menuju pasar Tegalbunder.

Warga sempat melakukan aksi protes dengan cara memancing ikan di jalan tersebut. Aksi yang dilakukan pada Senin (9/3) lalu itu bertujuan agar pemerintah tahu kondisi jalan.

Setelah aksi, Camat Purwakarta Balukia sempat meninjau jalan secara langsung, namun hingga saat ini belum ada lagi informasi rencana perbaikan jalan. Kata Adnan, dalam waktu dekat warga akan kembali melakukan aksi protes dengan cara menanam pohon pisang di jalan tersebut.

Sementara Camat Purwakarta Balukia Iqbal mengaku sudah meninjau kondisi jalan. Pihaknya sudah menyiapkan surat untuk Dinas PUTR agar perbaikan jalan segera dilakukan. “Kami berharap masyarakat untuk bersabar, besok juga (hari ini-red) akan kami sampaikan di forum OPD dinas PU,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Cilegon Ridwan mengaku tahun ini sudah menganggarkan anggaran untuk perbaikan sejumlah ruas jalan di Kota Cilegon. Jalan di Kedaung merupakan salah satu jalan yang akan diperbaiki.

“Tapi kan harus diupload ke sistem barang dan jasa dulu. Entah nanti melalui mekanisme lelang atau penunjukan langsung,” ujar Ridwan.

Ridwan memperkirakan perbaikan jalan di Kedaung dan sejumlah jalan di Kota Cilegon lain akan dilakukan pada pertengahan tahun setelah prosedur pengadaan barang dan jasa selesai. (bam/alt)