Jalan Lingkungan, Titik Penataan di Cijeruk

PETIR – Pemerintah Desa Bojongnangka, Kecamatan Petir, menitikberatkan penataan jalan lingkungan di RW 002, Kampung Cijeruk. Di pinggir sepanjang jalan di lingkungan ini akan dipagari agar rapi, dan diperindah dengan tanaman. Rencana ini sesuai kesepakatan dengan warga Cijeruk dalam mempersiapkan kampung mereka mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.

“Paling, kita menata lingkungan. Membersihkan lingkungan dan memberikan tanaman di sepanjang jalan kampung,” tegas Rukman, Ketua RW 002, Kampung Cijeruk, saat berbincang dengan Radar Banten, Jumat (4/10).

Secara umum, jelasnya, Cijeruk termasuk kategori lingkungan bersih. Sehingga, pihak desa menunjuk kampungnya untuk mewakilinya pada perlombaan tersebut. “Karena memang kampung kita berada di pinggir jalan. Kemudian, dinilai bersih sama pihak desa,” terangnya.

Lebih lanjut, Rukman menjelaskan, pengelolaan sampah di kampungnya masih dilakukan warga secara mandiri. Warga membuat lubang di belakang rumahnya untuk menampung dan membakar sampah. Warga melakukannya lantaran Cijeruk belum difasilitasi tempat pembuangan sampah (TPS). “Ke depan mah kita usahakan ada bak penampung sampah tiap rumah,” terangnya.

Rukman mengklaim, perkampungannya tergolong aman. Kendati ronda malam belum terjadwal, warga Cijeruk tetap mengamankan lingkungannya di empat pos ronda. “Ronda aktif, tapi memang sudah lama tidak tertata. Mudan-mudahan, ke depan bisa diaktifkan,” katanya.

Ketua RT 05 RW 002, Kampung Cijeruk, Rizmi membenarkan jika pihaknya akan menata lingkungan di kampungnya. Untuk itu, pengurus lingkungan di RW 002 akan bermusyawarah dengan Pemerintah Desa Bojongnangka.

“Kita paling menata dan membersihkan lingkungan,” katanya. “Kalau gotong royong, sebulan dua kali, itu juga digilir. Misalnya, besok RT 05, besoknya RT 06. Tidak difokuskan satu RT,” jelas Rizmi. (fdr/don/ags)