Jalan Poros Desa Rusak Parah, Warga Tunjungteja Tanami Pohon Pisang

Sejumlah warga menanam pohon pisang di Jalan Malanggah-Bojong Catang, Kecamatan Tunjungteja yang kondisinya rusak dan berlubang, Minggu (25/3).

TUNJUNGTEJA – Warga Desa Bojong Catang, Kecamatan Tunjungteja menanam pohon pisang di tengah Jalan Malanggah-Bojong Catang, Minggu (25/3). Aksi tersebut dipicu luapan kekesalan lantaran kondisi jalan rusak parah.

Pantauan Radar Banten, Minggu (25/3), sepanjang jalan Malanggah-Bojong Catang rusak parah. Jalan poros desa itu berlubang dan tergenang air hujan. Sejumlah warga pun beramai-ramai menancapkan pohon pisang di jalan berlubang yang kondisinya paling parah.

Koordinator aksi Aldi Elsaumadona mengatakan, aksi warga dipicu melihat kondisi jalan yang dinilai sudah tidak laik. Jalan sulit dilewati kendaraan lantaran kondisinya yang rusak parah. “Sudah sepuluh tahun tidak dibangun,” keluh Aldi.

Diungkapkan Aldi, jalan merupakan akses satu-satunya masyarakat menuju beberapa desa. Olah karena itu, Aldi pun meminta pemerintah setempat segera memperbaiki jalan sebelum menimbulkan korban. “Jalan ini poros ekonominya masyarakat,” tegasnya.

Menurut Aldi, jalan statusnya poros desa yang merupakan kewenangan pemerintah desa. Aldi mengaku, pihaknya sudah sering meminta pemerintah desa segera melakukan perbaikan jalan. “Ini jalan desa, penghubung antara Desa Malanggah dan Desa Bojong Catang,” terangnya.

Menanggapi hal itu, Camat Tunjungteja Tarkul Wasit mengaku, pihaknya sudah mengajukan proposal pembangunan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) terkait jalan tersebut. “Sudah diajukan, sudah masuk paripurna (sidang paripurna DPRD Kabupaten Serang-red) juga,” tegasnya.

Tarkul tidak menampik jika kondisi jalan rusak parah. Hal itu lantaran kontur jalan yang sudah tergerus air hujan. Tarkul mengaku, belum bisa memastikan rencana perbaikan jalan. “Kita terus berkomunikasi dengan Dinas PUPR. Saya juga sudah minta ke desa untuk diurug dulu sementara,” katanya. “Saya juga sudah meminta kepada masyarakat untuk sabar. Saya juga berharap segera dibangun,” harapnya. (Rozak/RBG)