Jalan Veteran di Kota Serang Jadi ‘Pasar Internet’

SERANG – Kebutuhan akan paket data internet memang sudah tidak bisa dipisahkan lagi bagi pengguna smartphone saat ini. Semua provider Indonesia berlomba-lomba bersaing dalam menawarkan paket data internet yang murah dan memiliki kuota yang besar.

Hal itu juga dengan maraknya para penjual kartu perdana (starter pack) paket data internet yang setiap hari membuka lapak dagangannya di salah satu area strategis yakni di pinggiran Jalan Veteran, lebih tepatnya di samping Masjid Agung Kota Serang.

Aji, salah satu penjual starter pack paket data internet mengaku jika dirinya berjualan di tempat itu dikarenakan pembelinya akan lebih banyak. “Sebelumnya saya dagang di kampus-kampus tapi yang beli terbatas hanya anak kampus saja. Terus mereka maunya yang harga di bawah Rp50 ribu saja,” katanya, Rabu (24/8).

Dalam sehari, Aji dapat mendapatkan keuntungan hingga Rp150 ribu rupiah. “Dari pagi paling jam 10 an sampai jam 10 malam di sini. Kadang kalau lagi ramai itu sehari bisa dapet Rp500 ribu. Tapi kalau sepi, ya paling Rp150 sampai Rp200 ribu aja,” ujarnya.

Rata-rata masyarakat lebih memilih provider yang mematok harga di bawah Rp50 ribu dengan kuota internet yang besar. Namun tidak sedikit juga masyarakat yang memilih harga yang di atas Rp50 ribu dengan alasan lebih kuat signal.

Keuntungan berjualan di pinggir jalan, tambahnya, tidak perlu membayar uang sewa counter. “Kan kalau kita sewa ruko mahal. Kalau di sini kan cuma modal spanduk sama bayar uang kebersihan aja,” ungkapnya.

Rani, salah satu pembeli mengatakan, ia lebih memilih membeli starter pack paket data internet di pinggir jalan karena alasan harga yang lebih miring. “Kalau di counternya kan harganya bedanya lumayan lebih mahal dan pilihannya cuma dikit,” ucapnya. (Wirda)