Jalur Ganda KRL Beroperasi 2019

0
687 views
Menhub Budi Karya Sumadi (dua kiri) meninjau pembangunan Stasiun Citeras, Kecamatan Rangkasbitung, kemarin.

RANGKASBITUNG – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan jalur ganda atau double track kereta rel listrik (KRL) dari Tanah Abang sampai Rangkasbitung beroperasi pada 2019. Pengoperasian jalur ganda KRL akan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat karena kapasitas perjalanan KRL dari Rangkasbitung ke Tanah Abang akan meningkat dua kali lipat.

Double track-nya selama ini baru sampai Stasiun Maja. Tapi, tahun depan, jalur ganda KRL akan sampai ke Stasiun Rangkasbitung sehingga kapasitas perjalanan KRL naik dua kali lipat dari 32 kali menjadi 64 kali,” kata Budi Karya Sumadi di Stasiun Citeras, kemarin.

Sebelum meninjau Stasiun Citeras, Menhub Budi Karya Sumadi meninjau Perumahan Citra Maja Raya dan memantau pembangunan jalan poros desa Curugbadak. Mantan direktur utama Angkasa Pura II itu didampingi Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanti. Mereka melihat bangunan Stasiun Citeras dan jalur ganda KRL relasi Maja-Rangkasbitung.

Dijelaskannya, double track KRL dari Maja ke Rangkasbitung membawa manfaat yang cukup besar terhadap masyarakat. Calon penumpang dari Rangkasbitung tidak akan lama menunggu di stasiun. Untuk itu, mereka bakal lebih cepat datang ke tempat tujuan karena jumlah perjalanan KRL akan meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan sekarang.

“Kita juga sudah melakukan elektrifikasi. Artinya, sistem itu dijalankan secara otomatis. Kita lakukan ini karena banyak masyarakat dari Rangkasbitung yang ingin dilayani,” jelasnya.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) diharapkan merespons aspirasi dari masyarakat di Rangkasbitung dan Kota Baru Maja. Tahun depan, pasti ada keinginan dari masyarakat menggunakan kereta yang lebih baik. Karena itu, PT KCI dan KAI harus melakukan perbaikan kereta api sehingga para penumpang aman dan nyaman selama di perjalanan dari Rangkasbitung menuju Tanah Abang dan sebaliknya.

“Saya mengapresiasi dengan PT KAI. Di sini banyak tenaga-tenaga muda dan memberikan kesempatan lapangan kerja. Saya pesan, warga di sini direkrut, jangan ambil dari jauh-jauh karena mereka juga ingin kerja. Kalau mereka penduduk setempat maka proses bisnis akan semakin baik,” ungkapnya.

Dirut PT KCI Wiwik Widayanti mengatakan, pengoperasian jalur ganda KRL akan dilaksanakan pada awal Januari 2019. Jika sekarang, jalur ganda hanya beroperasi dari Maja ke Tanah Abang, tapi tahun depan sudah sampai Rangkasbitung. Walaupun, sejak tahun lalu KRL sudah melayani masyarakat Rangkasbitung dengan single rel.

“Kalau jalur ganda beroperasi maka perjalanan KRL akan meningkat dua kali lipat. Awalnya hanya 32 kali perjalanan menjadi 64 perjalanan PP (pulang pergi) Rangkasbitung-Tanah Abang,” ungkapnya.

Kapasitas penumpang dari Rangkasbitung ke Tanah Abang akan meningkat. Apalagi, KRL relasi Rangkasbitung-Tanah Abang merupakan jalur favorit. Hampir tiap hari, masyarakat Rangkasbitung banyak yang menggunakan KRL ketika bepergian ke Tanah Abang.

“Beroperasinya jalur ganda kereta api akan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat di daerah,” jelasnya. (Mastur/RBG)