Ilustrasi.

JAKARTA – Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengimbau jamaah haji tidak berdekatan dengan unta saat menjalakan ibadah haji di Tanah Suci, baik hanya memegang atau sampai minum air susunya. Hal tersebut bertujuan mengantisipasi persebaran MERS-CoV yang masih merebak di Arab Saudi.

”Kita sosialisasikan untuk pola hidup bersih dan sehat. Termasuk tidak mendekati unta,” katanya dalam acara penandatanganan komitmen bersama Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia untuk mencegah dan mengendalikan penyakit tidak menular di Jakarta, Selasa (9/8), dilansir JawaPos.com.

Nila telah bertemu dengan pihak terkait Arab Saudi untuk membahas masalah tersebut. Menurut dia, pihak Saudi sudah menyatakan komitmen untuk mencegah persebaran penyakit itu. Rumah sakit pun telah disiapkan pemerintah Saudi untuk pelayanan jamaah. ”Mereka sudah tahu dan pencegahan terus dilakukan,” ujar guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tersebut.

Nila juga mengingatkan jamaah untuk mendapatkan vaksin meningitis. Sebab, hal itu adalah kewajiban yang ditetapkan pemerintah Saudi. ”Ada jamaah yang belum vaksinasi. Kita nggak bisa berangkatkan. Harus ditunda dua minggu. Menunggu efektivitas suntikan tersebut,” jelasnya.

Ada dua jamaah embarkasi Jakarta Pondok Gede asal Banten yang terdeteksi belum divaksinasi. Mereka adalah Dulkarim, 60, dan Karni Balok Gaplak, 56. Mereka seharusnya berangkat dalam kloter perdana kemarin. Tapi, gara-gara masalah tersebut, keberangkatan mereka harus ditunda. (wan/mia/c9/ca/JPG)