Jaman: Pemprov Banten Harus Geratiskan Sekolah

0
592 views

SERANG – Walikota Serang Tb Haerul Jaman menyatakan Pemprov Banten harus memberikan pendidikan gratis pada SMA dan SMK di Kota Serang. Pasalnya sejak 2014 Pemkot Serang telah menggulirkan program sekolah gratis bagi SMA dan SMK di Kota Serang.

“Saya kecewa kalau pendidikan gratis ini tidak ditindaklanjuti oleh Pemprov Banten. Walaupun pemkot juga belum maksimal dalam menggratiskan biaya sekolah. Tapi setidaknya bisa meringankan beban orang tua murid. Karena kita berupaya untuk meningkatkan kualitas SDM di Kota Serang. Saya lihat APBD provinsi ini besar, jadi semestinya pihak provinsi bisa merealisasikan pendidikan gratis. Masa Pemkot aja bisa, Pemprov tidak bisa,” ujarnya saat ditemui di salah satu hotel di Kota Serang, Rabu (14/12).

Jaman menegaskan pemerintah Provinsi harus lebih jeli dan lebih perhatian pada masyarakat Kota Serang dalam mewujudkan pendidikan gratis di Kota Serang. Pemkot juga sudah berkoordinasi dengan pemprov Banten agar para pejabat dan dewan di Provinsi bisa menjawab kebutuhan masyarakat Kota Serang dalam hal pendidikan.

“Minimal upaya Pemprov Banten sama visinya dalam mewujudkan pendidikan gratis di Kota Serang. Kalau tidak mewujudkan pendidikan gratis, berarti pemprov tak peduli dengan masyarakat kecil. Jadi pemkot akan terus dorong agar pendidikan di Kota Serang bisa gratis. Jadi nanti lihat aja perkembanganya seperti apa, karena sekarang sudah jadi wewenang pemprov. Intinya pemkot berharap provinsi bisa melanjutkan program pendidikan gratis, “ucapnya.

Terpisah Kadis Dindik Provinsi Banten Engkos Kosasih Samanhudi menegaskan pihaknya tidak bisa memastikan ada pendidikan gratis di Kota dan Kabupaten di Provinsi Banten.

“Yah silahkan saja kepala daerah dan Kota protes ke Provinsi Banten. Karena memang kenyataanya demikian, selama ini sekolah-sekolah di Kota dan Kabupaten masih ada bayaran dan pungutan lain. Sama kita juga ingin ada pendidikan gratis, seperti yang diinginkan Kota dan Kabupaten, tapi tadi kan para perwakilan sekolah juga bilang begitu. Belum ada payung hukum yang jelas,” tegasnya.

“Untuk itu Dindik juga belum bisa mastikan pendidikan gratis, yang pasti kita akan mengupayakan agar biaya pendidikan sekolah lebih murah, dengan cara memberikan anggaran yang lebih besar buat biaya operasional sekolah, sehingga orang tua murid bisa lebih ringan dalam membiayai pendidikan, ” tambahnya. (Adef)