SERANG – Walikota Serang Tb Haerul Jaman meminta kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kota Serang untuk tidak mendukung pasangan calon yang berkompetisi di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Serang tahun ini, termasuk istrinya.

Diketahui, Vera Nurlaela Jaman yang tak lain adalah istri dari Jaman saat ini menjadi salah satu dari tiga pasangan calon yang berkompetisi di Pilkada tahun ini berpasangan dengan nurhasan.

“Kami mengitnruksikan kepada seluruh ASN Pemkot Serang untuk netral dan tidak mendukung siapapun, calonnya pun kami pinta agar bisa menjaga kenetralan ASN,” kata Jaman setelah menghadiri deklarasi kampanye damai di alun-alun barat Kota Serang, Minggu (18/2).

Menurut Jaman, aturan yang melarang ASN mendukung salah satu calon sudah jelas, sanksinya pun sudah jelas dengan yang terberat yaitu dihentikan sebagai ASN.

“Lebih baik kita berharap agar walikota dan wakil walikota yang terpilih nanti bisa membuat Kota Serang lebih baik,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Serang Rudi Hartono menjelaskan, di masa kampanye ini pihaknya akan memantau aktifitas para ASN berkaitan dengan masa Pilkada.

“Untuk memasuki masa kampanye dia tidak boleh mengupload pasangam calon, me-like kampanye salah satu paslon, komentar, simbol-simbol juga gak boleh, menghadiri kegiatan kampanye, kecuali sedang tugas mislanya Satpol PP,” papar Rudi.

Untuk memantau aktifitas masa kampanye, Panwaslu bekerjasama dengan kepolisian. Itu dilakukan untuk memudahkan pengawasan mengingat polisi sudah memiliki tim cyber untuk mengawasi aktifitas dunia maya.

“Kita juga buatkan tim yang memantau media sosial, termasuk medsosnya paslon. Satu paslon per medsos satu akun,” ujarnya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)