Jamkrida Banten Gandeng Bank Kerta Raharja Berikan Pembiayaan UMKM

0
960 views

SERANG – Demi menggenjot pembiayaan UMKM di Provinsi Banten, PT. Jamkrida Banten terus memperluas kerjasama penjaminan kredit. Salah satunya dengan menggandeng Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kerta Raharja.

Penandatangan kerjasama dilakukan oleh Direktur Utama PT Jamkrida Banten dan Direktur Utama Bank Perkreditan Rakyat (BPR) KR Kerta Raharja di kantor cabang BPR KR Kerta Raharja, Balaraja, Kabupaten Tangerang, Kamis (23/02).

Direktur Utama PT Jamkrida Banten Hendra Indra Rachman mengatakan, adanya kerjasama tersebut merupakan tujuan PT Jamkrida Banten demi menyejahterakan masyarakat khususnya para pelaku UMKM.

“Tujuan kami sebenarnya yaitu memperkuat tingkat rasa percaya diri lembaga keuangan untuk memberikan pinjaman kepada UMKM,” katanya saat diwawancarai seusai acara.

Masih kata dia, sebelumnya Jamkrida Banten sendiri telah melakukan kerjasama pada tahun 2014 yang diperuntukan bagi berbagai jenis produk tunjangan. Sedangkan bagi UMKM yang memiliki kekurangan atau tidak memiliki anggunan, Jamkrida Banten akan memberikan bantuan atau
dukungan kepada UMKM.

“Kami targetkan untuk memiliki 1000 debitur untuk wilayah Kabupaten Tangerang. Kami berharap, BPR lain dapat memiliki pikiran brilliant, agar UMKM akan semakin banyak yang akan kami cover,” ujarnya.

Masih ditempat yang sama, Direktur Utama BPR KR Kerta Raharja, Ai Suherlan, menuturkan, BPR KR Kerta Raharja sendiri merupakan perusahaan daerah milik pemerintah Kabupaten Tangerang bersama Pemerintah Provinsi Banten, Bank Jabar Banten dan Provinsi Jawa Barat yang memiliki saham 76 persen dari total keseluruhan.

“BPR kami tentunya terus meningkat, dari sisi asset sudah semakin meningkat dan kedepannya kami harus bisa meningkatkan sumber dana tabungan,” katanya.

Kendati demikian, hingga periode terakhir, pihaknya sudah menerima sekitar 11. 400 lebih rekening dan sumber dana sendiri sekitar Rp 23 milyar. Hal tersebut membuktikan bahwa respon masyarakat sangat bagus.

“Harapan kami mudah-mudah ini akan menjadi magnet bagi masyarakat, sehingga masyarakat percaya untuk menyimpan dananya di bank kami,” harapnya. (Wirda)