Jamu Ge Bikin RT 02 Asemgede Siap Berkompetisi

0
991 views

SERANG – Kelompok pemuda penggerak lingkungan menunjukkan eksistensinya. Kelompok bernama Remaja Muda Asemgede (Jamu Ge) ini telah mengubah RT 02 RW 09, Lingkungan Asemgede, Kelurahan Cimuncang, Kecamatan Serang. Persyaratan fisik dan administrasi yang mencerminkan kampung bersih dan aman sesuai Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 hampir dipenuhi.

Seperti RT 01 yang juga ikut LRLA, penataan RT 02 didominasi dengan mural di tembok rumah warga. Kedua RT bersebelahan.

Bedanya, RT 02 memiliki kebun sayur dan pos ronda yang sudah lengkap alat keamanannya. Pengurus kelompok pemuda penggerak lingkungan dan kelompok sadar hukum di RT 02 juga telah mengantongi surat keputusan (SK) Lurah Cimuncang tentang pembentukan kelompok mereka.

Ketua RT 02 Luki Kuswarin mengakui peran Jamu Ge yang tidak sedikit. Sehingga, kekompakan dan semangat warganya sangat besar pada LRLA Kota Serang 2020. ”Jamu Ge berhasil bikin penataan jadi maksimal,” katanya kepada Radar Banten, Selasa (18/8).

Luki mengaku, Jamu Ge selalu mengajak warga bergotong royong setiap pekan. Biasanya, setiap hari Minggu pagi. Para pemuda mengajak warga dengan dua cara. Yakni, lewat pengeras suara di mushala dan door to door. ”Bikin kebun juga inisiatif pemuda,” jelas Luki.

Di kebun seluas 5 x 10 meter persegi, ditanami beberapa jenis tanaman sayur dan tanaman hias. Setiap panen cabai, tomat dan terong, warga mengadakan bacakan. Makan bersama.

”Jadi, ini sebagai bentuk menjaga ketahanan pangan juga,” ujar Luki.

Ketua Jamu Ge Ahmad Yusuf menambahkan, pemuda yang menjadi anggotanya ada 20 orang. Mereka selalu siap menata dan menjaga keamanan kampung.

”Setiap malam, kita meronda sambil rapat evaluasi sebelum penilaian tahap kedua,” ungkap Ahmad.

Saat ini, diakuinya, masih ada kekurangan yang perlu dilengkapi sebelum penilaian tahap kedua, akhir bulan ini. Yakni, dokumentasi foto kegiatan gotong royong dan catatan swadaya warga. ”Kita optimistis bisa dapat juara LRLA,” pungkasnya. (mg06/don)