Jamu Ge: Cintai Lingkungan Lewat Lagu

SERANG – Pemuda RT 02 RW 09, Lingkungan Asemgede, Kelurahan Cimuncang, Kecamatan Serang, telah menunjukkan perannya. Mereka yang tergabung dalam Remaja Muda Asemgede (Jamu Ge), sekaligus anggota kelompok penggerak lingkungan dan kelompok sadar hukum RT 02, rutin mengajak warga untuk mencintai lingkungannya.

Ajakan para pemuda RT ini tidak hanya dilakukan dengan tindakan. Imbauan kepada warga untuk menjaga kebersihan dan keamanan kampungnya pun disampaikan lewat lagu-lagu ciptaan mereka.

Dua lagu bertema lingkungan mereka sajikan untuk menyambut kedatangan Tim 6 Juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, Selasa (1/9). Berjudul “Sedekah Sampah dengan Dipilah”, ciptaan Jamu Ge.

Ketua RT 02 Luki Kuswarin juga membawakan lagu ciptaannya, “Bank Sampah”. Lagu ini sejalan dengan bank sampah yang telah didirikan warga RT 02. Saat ini, baru sampah anorganik yang mendatangkan nilai uang bagi warga RT ini.

“Kelompok penggerak lingkungan dan kelompok sadar hukum kami sudah di-SK-kan oleh pak lurah. Kegiatan-kegiatannya juga terdokumentasikan,” jelas Luki saat menyerahkan satu bundel berkas kepada tim juri. Berkas itu berisi fotokopi pengesahan pembentukan kedua kelompok itu. Berikut foto-foto kegiatannya. 

Dua kelompok ini merupakan peningkatan RT 02 di penilaian tahap dua, kemarin. Saat penilaian tahap pertama, awal Mei lalu, pengurus RT ini belum membentuk kelompok pemuda penggerak lingkungan dan kelompok sadar hukum.

Sebuah taman bunga juga telah dibangun oleh warga RT ini. Belum banyak tanamannya. “Itu karena lokasinya dipindah. Awalnya di sebelah lapangan badminton. Karena dipakai untuk hajatan, taman dipindah,” jelas Luki.

“Pemuda penggerak lingkungan di RT 02 sudah bagus, mereka juga banyak melakukan inovasi,” ujar Emi Sumiati, juri dari perwakilan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Serang.

Dari segi keamanan, kelompok sadar hukum belum banyak berperan. “Kelompoknya sudah ada, tetapi dari sisi kegiatan mungkin masih belum maksimal. Ke depan, bisa dimaksimalkan lagi karena kelompok tersebut (kelompok sadar hukum RT 02-red) bisa mengadakan kegiatan penyuluhan hukum, penyuluhan tentang bahaya narkoba dan lainnya. Mereka juga bisa berkolaborasi dengan bhabinkamtibmas dan babinsa,” saran Iptu Sriyanto, juri dari perwakilan Polres Serang Kota. (rio-don)