Jangan Anggap Remeh Fungsi Air Putih bagi Tubuh

JANGAN pernah menganggap remeh fungsi air putih bagi tubuh. Sebab akibat kurang minum air putih bisa menimbulkan berbagai gangguan dalam tubuh Anda.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa tubuh kita sebagian besar diisi oleh air, yaitu sekitar 60 persen bagian dari tubuh orang dewasa dan 80 persen bagian dari tubuh anak-anak.

Jadi bisa dibayangkan jika tubuh kita kekurangan cairan maka fungsi berbagai organ tubuh pun akan terganggu.

Bahkan dari berbagai hasil penelitian didapatkan hasil bahwa manusia tidak bisa bertahan hidup tanpa minum air selama lebih dari tiga hari.

Jadi betapa hebatnya peranan air dalam kehidupan manusia.

Berikut ini apa yang terjadi pada tubuh jika Anda tidak cukup minum air putih, seperti dilansir laman MSN.

Anda merasa lapar

Sering kali, orang bingung dehidrasi dan kelaparan. Jika Anda baru saja makan tapi Anda tidak merasa kenyang, cobalah minum segelas air untuk melihat apakah tubuh Anda benar-benar meminta camilan.

Penelitian menunjukkan bahwa air minum bisa membantu Anda.

Minum air sebelum makan bisa membantu Anda mengetahui betapa lapar Anda sebenarnya sehingga Anda bisa makan sampai kenyang, tidak dijejali.

Anda merasa lelah, bingung dan bahkan pusing

Dehidrasi bisa memengaruhi tingkat energi dan kognisi, sehingga sulit untuk tetap waspada.

Semua sistem tubuh kita bergantung pada oksigen yang diberikan oleh darah kita untuk berfungsi.

Ketika pengiriman darah ditantang oleh dehidrasi, maka tidak satu pun organ tubuh kita bekerja pada tingkat yang seharusnya, menyebabkan kelesuan tidak hanya tubuh tapi juga pikiran dan yang menyebabkan masalah ingatan jangka pendek.

Terlebih lagi, penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nutrition Reviews menunjukkan bahwa dehidrasi juga bisa menyebabkan perubahan mood, termasuk meningkatnya kemarahan.

Anda mengalami sembelit

Ketidakseimbangan cairan juga bisa menyebabkan menurunnya cadangan utama dalam sistem pencernaan Anda.

Kita cenderung menganggap serat sebagai solusi utama untuk sembelit, tapi air sama pentingnya.

Kulit Anda akan dehidrasi

Jika tubuh Anda tidak mendapatkan cukup air, efeknya tentu bisa terlihat pada kulit Anda.

Kulit kering, yang kekurangan minyak, berbeda dengan kulit yang mengalami dehidrasi, yang kekurangan air.

Namun, ada beberapa gejala yang serupa, terutama flakiness, gatal, sensitivitas, sesak, dan kusam. Kulit dehidrasi juga bisa rentan terhadap jerawat dan perasaan kering dan mudah tersinggung.

Anda berisiko tinggi terkena serangan jantung dan syok volume darah rendah

Air diperlukan untuk fungsi jantung yang tepat juga dan bila Anda tidak memilikinya, maka hal ini bisa mengacaukan sistem kardiovaskular Anda.

Dehidrasi menyempitkan pembuluh darah Anda dan membuat darah Anda lebih tebal, yang berarti jantung Anda harus bekerja ekstra keras untuk memompanya melalui tubuh.

Dalam kasus yang cukup serius, hal ini bisa membuat tubuh syok kardiogenik, sebuah kondisi yang mengancam jiwa di mana jantung Anda gagal memompa cukup darah melalui tubuh Anda.

Dehidrasi juga bisa menyebabkan volume darah tubuh Anda menurun, yang bisa menyebabkan sesuatu yang disebut syok hipovolemik (atau syok volume darah rendah), komplikasi lain yang mengancam jiwa. (fny/jpnn)

BAGIKAN