Jangan Terlambat Buat SPJ

TANGERANG – Pencairan dana desa tahap III di Kabupaten Tangerang diperkirakan mulai dilakukan sekira 13 Desember mendatang. Maka itu, kepala desa se-Kabupaten Tangerang diimbau untuk segera menuntaskan surat pertanggungjawaban (SPJ) dana desa tahap satu dan dua beserta rancangan anggaran biaya (RAB) kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahap tiga mendatang. Jika terlambat, terancam tidak bisa dicairkan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang Ahdiyat Nuryasin mengatakan, pihaknya sudah meng-update informasi terkait batas waktu pengumpulan berkas kepada seluruh kepala desa (kades). Baik yang definitif ataupun yang penjabat.

“Melalui Bidang Pembangunan Desa kami sudah mengumpulkan para kepala desa definitif kemarin (Kamis-red) diikuti sekira 60 kades. Sebelumnya, pada Rabu (4/12) kami juga sudah mengumpulkan para Pj kades. Mereka dikumpulkan dalam rangka evaluasi keuangan menjelang persiapan tahap pencairan tahap III,” katanya, Kamis (5/12).

Ahdiyat menjelaskan, pencairan dana desa dibagi tiga tahapan. Pada tahap satu dicairkan 20 persen, tahap dua 40 persen dan tahap tiga 40 persen. Untuk melakukan pencairan tahap tiga, para kepala desa harus melengkapi SPJ tahap pertama dan dua beserta RAB tahap tiga.

“Pencairan dana desa tergantung sejauh mana syarat administrasinya. Kalau sudah, bisa dicairkan. Kalau belum, tidak dapat dicairkan. Dan pencairan tersebut dilakukan dengan batas waktu. Jika lewat, terancam tidak bisa dicairkan dan tidak ada perpanjangan waktu,” jelasnya.

Berdasarkan data yang dimilikinya, Ahdiyat menuturkan, dari data per-Rabu (4/12) baru ada 25 desa yang sudah memenuhi persyaratan dan yang lainnya masih berupaya melengkapi hingga 11 Desember mendatang. “Kalau kegiatannya sudah dilaksanakan, seharusnya SPJ-nya juga sudah dibuat. Tetapi kami akan terus menunggu hingga batas akhir waktu yang diberikan,” tuturya.

Sementara itu, Suherman, Kepala Desa Rancaiyuh, Kecamatan Panongan mengaku sudah menyelesaikan persyaratan agar bisa mencairkan dana desa tahap tiga. Kata dia, pihaknya sudah menyerap semua anggaran tahap dua.

“Kami dikumpukan oleh DPMPD untuk diingatkan, bahwa dana desa tahap tiga sudah tersedia di bank. Untuk menyerap anggaran tersebut harus ada proposal SPJ tahap satu dan dua serta RAB tahap tiga. Dan kami sudah menyiapkan semua syaratnya,” pungkasnya. (mg-04/asp)