Jaringan 4G LTE Telkomsel Layani Lebih dari 100 Kota

Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel Venusiana Papasi, Senior Vice President Program Management Office Hendri Mulya Syam, Perwakilan BRTI Titon Dutono, Plt Dirjen SPPI Basuki Yusuid Iskandar, dan Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah, saat meluncurkan layanan 4G LTE Telkomsel yang kini sudah hadir di lebih dari 100 kota, Sabtu (16/4).

JAKARTA – Telkomsel terus berupaya untuk memperkaya layanan 4G LTE yang ditawarkan kepada pelanggan. Salah satunya melalui peluncuran ‘Telkomsel 4G Nation’ yang memperluas sebaran layanannya, yang kini hadir di lebih dari 100 kota kabupaten di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, kawasan Bali dan Nusa Tenggara, serta Papua.

Telkomsel, operator pertama di Indonesia yang menggelar layanan 4G LTE secara komersial akhir 2014. Perusahaan ini telah menggelar lebih dari 4500 eNode B (BTS 4G) di berbagai wilayah di Indonesia. Beberapa kota tambahan yang kini sudah dilayani Telkomsel 4G LTE dan dapat menikmati pengalaman digital mobile lifestyle terbaik di antaranya adalah Banda Aceh, Palembang, Semarang, Samarinda, dan Jayapura.

“Kami konsisten untuk menghadirkan layanan 4G LTE yang terbesar dan terluas dengan kualitas yang sesuai harapan pelanggan. Berbagai upaya peningkatan kualitas terus kami lakukan, termasuk memperluas ketersediaan layanan, di mana kini Telkomsel 4G LTE sudah bisa dinikmati di lebih dari 100 kota kabupaten di Indonesia,” ujar Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah melalui siaran pers, Selasa (19/4).

Ririek menekankan, Telkomsel serius membangun layanan 4G LTE di Indonesia guna memberikan pengalaman mobile digital lifestyle terbaik bagi pelanggan. Selama kuartal I 2016, dibandingkan periode sama di 2015, layanan ini mendapatkan respons yang positif dari masyarakat dimana tingkat pertumbuhan penggunanya berlipat hingga 12 kali. Saat ini pun pelangan 4G di jaringan Telkomsel telah mencapai angka 5 juta, dan diharapkan hingga akhir tahun 2016 Telkomsel dapat melayani 12 juta pelanggan 4G LTE.

Dalam mendorong terciptanya ekosistem layanan 4G LTE yang stabil, Telkomsel juga memfokuskan pembangunan dan penyebaran layanan tersebut di wilayah yang sudah memiliki tingkat penyebaran device 4G yang cukup mapan, seperti salah satunya di wilayah operasional Telkomsel Area Jabotabek & Jabar.

“Selain Kota Jakarta yang telah ter-cover 4G LTE di hampir seluruh wilayahnya, Telkomsel juga mulai fokus untuk mematangkan terciptanya ekosistem layanan 4G LTE di wilayah penyangga Jakarta dan Bandung, seperti Tangerang, Bekasi, Karawang, Tasikmalaya, Cirebon dan Sukabumi,” ujar Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel, Venusiana Papasi.

Venusiana menambahkan, mengikuti kota Jakarta, pelanggan Telkomsel di wilayah lain kini mulai melakukan migrasi ke layanan 4G LTE, terutama didukung dengan tingkat penetrasi penyebaran device 4G LTE dengan harga yang lebih terjangkau. Hal ini telah diantisipasi manajemen Telkomsel Area Jabotabek Jabar dengan memastikan titik layanan pelanggan seperti GraPARI selalu siap membantu proses migrasi kartu pelanggan ke uSIM 4G. Selain itu, Telkomsel juga melakukan outbond call ke seluruh pelanggan yang terdeteksi menggunakan device 4G LTE, namun belum menggunakan uSIM 4G LTE, lalu menyediakan layanan antar kartu uSIM tersebut langsung ke pelanggan, gratis tanpa biaya dan ganti nomor. (Aas)