Jaringan XL Axiata Siap Layani Kebutuhan Lebaran

(Plt) Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa bersama dengan Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini ( kotak kanan atas ), Chief Human Capital Officer XL Axiata, Rudy Afandi ( kotak kiri atas ) serta Direktur Information XL Axiata, Yessie D. Yosetya ( kotak kiri bawah ) memastikan kesiapan kondisi jaringan XL Axiata malam Idul Fitri 2020 di pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center XL Axiata,Jakarta. Sabtu (23/5).

SERANG – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan jaringan miliknya siap melayani kebutuhan pelanggan dan masyarakat selama Lebaran 2020.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini, Direktur Informasi Yessie D Yosetya, dan Plt Chief Technology Officer I Gede Darmayusa memastikan semua persiapan dalam peninjauan di pusat monitoring jaringan XL Axiata di Jakarta, Sabtu (23/5).

Dari hasil monitoring ada kenaikan trafik data rata-rata sebesar 2 persen – 3 persen dalam beberapa pekan terakhir menjelang Lebaran dibandingkan hari normal setelah berlakunya bekerja dan sekolah dari rumah.

Plt Chief Technology Officer I Gede Darmayusa mengatakan, Dari monitoring ini juga mendapatkan data bahwa tingkat perpindahan pelanggan dari wilayah Jabodetabek ke wilayah lain memang tidak setinggi tahun-tahun sebelumnya. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh adanya larangan mudik bagi warga Jabodetabek, imbas dari pandemi Covid-19.

“Di sisi lain, kita juga punya data bahwa kenaikan trafik di berbagai area lebih dipengaruhi oleh meningkatnya konsumsi data oleh setiap pelanggan daripada pengaruh perpindahan pelanggan ke area lain,” katanya.

Ia menambahkan, dari data-data yang terlihat di pusat monitoring, pihaknya yakin atas kesiapan jaringan yang dilakukan sejauh ini. Kapasitas jaringan yang ditingkatkan sebesar dua kali lipat dari hari-hari normal. Selain itu, juga menyangkut kesiapan jaringan di setiap area terkait dengan berubahnya paradigma di mana tidak ada mudik berarti tidak ada lagi lonjakan trafik di daerah tertentu, termasuk di lokasi-lokasi wisata yang biasa jadi tujuan berlibur selama Lebaran.

“Penguatan jaringan kini lebih banyak dilakukan di area-area pemukiman di mana masyarakat diperkirakan akan lebih banyak melakukan berbagai aktivitas Lebaran di rumah,” katanya.

Selama sepekan terakhir, layanan data yang paling banyak diakses pelanggan adalah layanan berbasis streaming. Dengan kenaikan sebesar 40 persen di bandingkan hari normal sebelum pandemi Covid-19, kemudian layanan gim naik 35 persen, dan layanan instant messaging (IM) meningkat 15 persen. Khusus layanan video call atau video conference dan sejenisnya yang akhir-akhir ini banyak digunakan masyarakat untuk saling menyapa dengan keluarga juga untuk menunjang aktivitas bekerja dan belajar dari rumah, “Ini terjadi kenaikan trafik hingga lebih dari 5 kali dibandingkan hari normal sebelum pandemi Covid-19,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan wilayah, kenaikan trafik tertinggi dalam sepekan terakhir sebelum Lebaran, berturut-turut ada di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, serta Jawa Timur dengan rata-rata naik 3 persen. Meski tidak ada lagi mudik, XL Axiata tetap bersiap mengantisipasi potensi lonjakan trafik yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu. “Untuk itu, prosedur pengawalan jaringan tetap dilaksanakan semaksimal mungkin. Pengerahan mobile BTS juga tetap dipersiapkan untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan,” katanya. (aas)