JB Kurban 261 Ekor Sapi dan Kambing

0
755 views
Warga tengah menenangkan seekor sapi kurban Mulyadi Jayabaya di Masjid Alikhwan Kamlung Babakan Kalapa, Desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar, Lebak.

LEBAK – Di tengah situasi pandemi corona atau covid-19, tak menghalangi tokoh masyarakat Banten, Mulyadi Jayabaya untuk berkurban pada momen Idul Adha tahun ini. Pria yang akrab disapa JB ini berkurban 261 ekor dengan rincian 191 ekor sapi dan 70 ekor kambing yang dibagikan kepada masyarakat di Kabupaten Lebak.

“Alhamdulilah, di tengah situasi pandemi Covid-19 ini tahun ini kami masih bisa berkurban untuk dibagikan kepada masyarakat. Pemberian hewan kurban ini untuk berbagi kepada masyarakat yang kurang mampu. Sebelum seperti saat ini saya juga dulunya orang kurang mampu,” kata JB, kemarin.

Berkurban bagi orang yang mampu selain sesuai dengan ajaran Nabi Ibrahim AS untuk bertakwa, merupakan salah satu bentuk perhatian dan sarana berbagi dengan warga kurang mampu di tengah kelesuan ekonomi masyarakat lantaran virus corona.

“Hewan kurban ini dari kami sekeluarga untuk masyarakat agar ikut menikmati daging bersama-sama di hari raya Idul Adha,” kata Ketua Kadin Banten ini.

Tradisi berkurban ini, lanjutnya, rutin dilakukan setiap tahun oleh keluarganya, karena berkurban merupakan bentuk sebuah keikhlasan dalam beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Ini kami lakukan sejak bertahun-tahun lalu sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat. Sebanyak 196 ekor sapi dan 70 domba ini kami bagikan ke kampung – kampung dan desa,” katanya.

Putra JB, Azari Jayabaya menambahkan, ratusan hewan kurban yang dibagikan keluarga besarnya kepada warga tersebut merupakan hewan pilihan yang layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

“Insya Allah hewan kurban yang dibagikan ini semuanya dalam kondisi sehat dan layak untuk dikonsumsi masyarakat. Kami hanya ingin berbagai dengan masyarakat. Saat ini kami masih terus mendistribusikan pembagian hewan kurban,” kata pria yang akrab disapa Amal ini.

Sementara itu, Ketua RT 07/Rw 02 Kampung Babakan Kelapa, Desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak, Oman mengucapkan terimakasih kepada JB, lantaran setiap tahun warganya mendapat kurban dari keluarga besar bupati Lebak dua periode ini (2003-2013).

“Alhamdulilah, lebaran Idul Adha tahun ini warga bisa menikmati daging sapi kurban dari Pak JB. Tahun lalu kami juga mendapat kurban sapi dari Pak JB,” katanya. (nce)