Atlet Dayung Banten Since Lithasova Yom ketika tampil di salah satu kejuaraan dayung 2017. Since bersama dua atlet dayung Banten lainnya saat ini fokus di Pelatnas Asian Games 2018. Foto: Dok. Radar Banten

SERANG – Cabang olahraga (cabor) dayung menjadi salah satu cabor unggulan Indonesia untuk menghadapi Asian Games XVIII Indonesia 2018. Untuk itu Pengurus Besar (PB) Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) bergerak cepat untuk melakukan persiapan agar mendapat hasil maksimal di Asian Games nanti.

Langkah yang dilakukan PB PODSI adalah dengan memanggil atlet peraih medali pada multi event Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat 2016 dan menyeleksi ulang pada Kejurnas Dayung 2017 di Danau Jakabaring Sport Center, Palembang, medio Desember 2017 lalu. Setelah dilakukan seleksi, PB PODSI merilis skuat Asian games 2018 dan tiga atlet dayung Banten tetap bertahan di pelatnas. Ketiga atlet tersebut adalah Since Lithasova Yom, M Fajar Faturohman, dan Arifal.

Sekretaris Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) PODSI Banten Ahmad Yaman mengatakan, bertahannya ketiga atlet dayung Banten di Pelatnas Asian Games 2018 tidak lepas dari prestasi dan performa yang ditampilkan Since cs sepanjang 2017 dan 2018.

“Ini kabar baik bagi kami (PODSI Banten-red) untuk mengawali tahun 2018. PB memiliki penilaian tersendiri dan tidak hanya berdasarkan prestasi saja. Since akan turun di nomor kayak, Fajar di perahu naga, dan Arifal di nomor slalom. Saat ini ketiganya bersama tim pelatnas secara intens berlatih di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat,” kata Yaman kepada Radar Banten, Selasa (10/4).

Yaman menambahkan, pemanggilan ketiga atlet dayung Banten ke pelatnas telah dilakukan dari awal tahun 2017. Bahkan beberapa atlet dari provinsi lain yang dinilai tidak mampu bersaing dan tidak berkembang selama di pelatnas telah dipulangkan ke daerahnya masing-masing. “Di pelatnas ada sistem promosi degradasi. Atlet yang kalah bersaing akan langsung di depak dari tim pelatnas. Nah, ketiga atlet kami Alhamdulillah mampu meningkatkan performanya selama di pelatnas sehingga bertahan,” imbuhnya.

Ketua Umum Pengprov PODSI Banten Agun Djumhendi menyatakan, melihat kualitas dan performa ketiga atlet Banten tersebut, ia optimistis Since cs akan bertahan di pelatnas dan juga mempersembahkan prestasi bagi Indonesia di Asian Games 2018. “Ini kan performa atlet akan terus dipantau sampai pendaftaran ke panitia Asian Games. Jadi segala sesuatu masih bisa terjadi. Tapi kami yakin Since cs akan tetap bertahan di tim pelatnas Asian Games. Tidak hanya bertahan, namun juga akan mengibarkan merah putih di Asian Games nanti,” ucapnya singkat. (dre/ibm/ags/RBG)