GM Sales XL Sumbagsel, Moch. Sopyan Rambe (berkaus coklat) bersama seorang teknisi XL mengecek salah satu perangkat BTS di Belitung.

JAKARTA – PT XL Axiata Tbk (XL) memastikan layanan 4G LTE dapat dinikmati masyarakat Belitung sebelum gerhana matahari total (GMT), 9 Maret. Layanan ini sekaligus dapat dimanfaatkan wisatawan yang menyaksikan peristiwa GMT di pulau indah tersebut.

“Kami memang memprioritaskan Belitung untuk segera mendapatkan layanan 4G LTE ini karena pulau ini sudah ditetapkan sebagai salah satu destinasi wisata nasional untuk 2016. Jadi demi menunjang dunia pariwisata Belitung kami berusaha meningkatkan kualitas layanan di sini. Selain itu, tentu saja sebagai apresiasi kami kepada masyarakat Belitung yang selama ini telah mempercayakan kebutuhan atas layanan telekomunikasi dan data kepada XL,” Chief Service Management Officer XL, Yessie. D Yosetya melalui siaran pers, Kamis (3/3).

Tahap awal XL menyiapkan sekitar 10 BTS 4G LTE, yang akan meng-cover kota Tanjung Pandan, area Tanjung Binga hingga Tanjung Tinggi, dan Manggar di wilayah Belitung Timur. XL menyiapkan jaringan 4G LTE sejak satu bulan terakhir agar segera dapat dinikmati oleh masyarakat dan wisatawan yang datang ke Pulau Belitung.

Saat ini, Belitung telah terlayani oleh layanan XL 3G di hampir semua area. Ada sebanyak lebih dari 120 BTS di seluruh Belitung, dan hampir seluruhnya adalah BTS 3G. Dengan perpaduan layanan data 3G dan 4G LTE dari XL, maka diharapkan para wisatawan makin mempopulerkan keindahan pantai, laut dan batu-batu raksasa di Belitung sebagai salah satu destinasi wisata utama nasional dan internasional melalui momentum GMT.

Belitung akan menjadi salah satu daerah yang dilalui oleh GMT. Momentum ini oleh pemerintah kemudian dimanfaatkan untuk menjadikan Belitung sebagai distinasi wisata kelas dunia. Diperkirakan ribuan wisatawan domestik dan mancanegara akan datang menyaksikan peristiwa fenomenal tersebut. Termasuk di antara para wisatawan yang akan datang ke “Bumi Laskar Pelangi” tersebut adalah para tokoh dunia. Bahkan Presiden RI juga dikabarkan akan menyaksikan GMT dari salah satu pantai yang indah di sana, Pantai Tanjung Kelayang.

XL masuk melayani masyarakat Belitung sejak sekitar tahun 2004. Sejak saat itu bersama dengan Bangka, kedua daerah menjadi “daerah XL” karena lebih dari 85% pengguna layanan seluler menggunakan layanan dari XL. Saat ini, layanan XL telah menjangkau semua destinasi wisata di Belitung, yang ada di dua kabupaten di pulau tersebut, yaitu Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur. (Aas)