Jelang HUT RI, Trotoar di Rangkasbitung Dipercantik

Pegawai Dinas PUPR Kabupaten Lebak mengecat trotoar Jalan Abdi Negara Rangkasbitung, Senin (29/7). Foto Nurabidin Radar Banten

RANGKASBITUNG – Dalam rangka memperingati HUT ke 74 RI, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Lebak, memperbaiki sejumlah fasilitas umum di pusat kota Rangkasbitung.

Salah satunya, dengan melakukan perbaikan dan pengecetan trotoar Jalan Abdi Negara Rangkasbitung..

“Agar terlihat lebih rapih dan bersih, apalagi jelang HUT RI ke 74, kita lakukan perbaikan trotoar yang sudah rusak dan pengecetan trotoar dalam kota. Anggarannya, dari pos pemeliharaan,” kata Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lebak Wawan Kuswanto, Senin (29/7).

Menurutnya, ada beberapa titik trotoar di wilayah perkotaan yang sudah mulai rusak dan perlu segera diperbaiki. Begitu juga dengan catnya sudah mulai kusam, sehingga perlu dilakukan pengecatan ulang agar terlihat lebih rapih.

“Kami berharap kepada masyarakat untuk bisa menjaga dan merawat fasilitas umum. Sehingga, keberadaan dan kemanfaatannya bisa lebih lama dirasakan oleh masyarakat,” ujarnya.

Menurut Wawan, pihaknya tidak hanya melakukan pengecatan trotoar di dalam perkotaan, tetapi juga akan memperbaiki jalan yang rusak dan berlubang serta taman.

“Kami berharap sebelum perayaan HUT RI penataan dan pemeliharaan trotoar dan jalan maupun taman di perkotaan sudah selesai. Sehingga, menjadi indah dan tertata rapi,” ujarnya.

Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Lebak Soni Nusadjati menerangkan, program perbaikan trotoar merupakan salah satu target Pemkab dalam mewujudkan percepatan pembangunan. Selain penataan kota, perbaikan jalan dan jembatan juga merupakan program prioritas untuk pengentasan daerah tertinggal.

“Kita semua tahu bagaimana Bupati Lebak berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan Lebak yang lebih baik. Perbaikan jalan dan jembatan, penataan jalan dalam kota, penataan taman dalam kota itu merupakan wujud percepatan pembangunan yang selama ini ditargetkan Pemkab,” ujarnya.

Soni mengatakan, kegiatan pemeliharaan dilakukan di sejumlah titik strategis dan sering dilalui kendaraan. Seperti jalan dalam kota, jalan Rangkasbitung-Leuwidamar-Garug, jalan Kopi-Sangiang Maja dan jalan Cibadak.

“Pemkab Lebak akan terus berupaya melakukan peningkatan jalan dan pemeliharaan untuk kenyamanan masyarakat dan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” katanya. (Nurabidin Ence/RBG)