Jelang Idul Adha, DKPP Cilegon Bentuk Tim Pengecekan Hewan Qurban

0
640 views
ilustrasi (foto: istimewa)

CILEGON – Sambut hari raya idul adha 2017 yang jatuh pada 1 September mendatang, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Cilegon akan membentuk tim pengecekan hewan qurban. Dibentuknya tim itu untuk mengantisipasi adanya penyebaran penyakit menular pada hewan qurban yang dijual oleh sejumlah pedagang musiman.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan pada DKPP Kota Cilegon Lyra Yuliantina menyebutkan pengecekan kesehatan pada hewan qurban telah rutin dilakukan setiap tahun. Itu bertujuan agar hewan yang akan dijual tidak terjangkit penyakit dan tentunya sesuai dengan syariat agama.

“Pembentukan tim rencananya akan dilakukan pada dua minggu sebelum menghadapi hari raya idhul adha ini,” ujarnya, Rabu (2/8).

Kata dia, ada sebanyak 79 lapak penjual hewan qurban yang tersebar di 8 kecamatan Kota Cilegon yang akan dilakukan pemeriksaan kesehatan hewan terlebih dahulu. Itu belum termasuk para pedagang lainnya yang akan terus bermunculan. “Kita akan periksa mulai dari surat keterangan asal hewan (SKAH), jenis, kesehatan, dan usia hewan itu,” katanya.

Dijelaskannya, DKPP Cilegon juga akan menggandeng pihak DKM Masjid dan pimpinan pondok pesantren untuk memberikan pencerahan kepada para pedagang hewan qurban agar benar-benar menjalani sistem perdagangan hewan qurban yang sehat dan tidak berlaku curang.

“Jika ditemukan hewan tidak layak jual kita akan tegur pedagangnya. Saat pemeriksaan tahun-tahun lalu banyak kita dapati hewan qurban yang berpenyakit seperi sakit mata dan rabies,” tuturnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)