Situasi lalu lintas kendaraan di simpang tiga Seruni, menuju pintu tol Cilegon Timur

CILEGON – Arus lalu lintas kendaraan pada ruas jalanan di Kota Cilegon pada Sabtu (6/2/2016) akhir pekan jelang libur Imlek mengalami peningkatan. Di beberapa titik lokasi, arus lalu lintas terpantau ramai lancar seperti yang terlihat di pintu tol Damkar dan simpang tiga Seruni, Cilegon.

Arus lalu lintas kendaraan juga mengalami pemadatan seperti yang terjadi di jalur protokol. Di ruas jalan Jenderal Ahmad Yani hingga simpang tiga Cilegon kepadatan lalu lintas kendaraan yang didominasi oleh kendaraan roda empat turut dipicu oleh keluar masuk kendaraan di sejumlah tempat perbelanjaan. “Memang terjadi peningkatan (arus lalu lintas kendaraan), tapi saya menilainya wajar, karena ini libur panjang. Kondisi lalu lintas ramai lancar, tapi tidak sampai terjadi stak, karena kendaraan pun masih berjarak,” ujar Kasatlantas Polres Cilegon AKP Herlia Hartarani melalui sambungan telepon.

Di kawasan simpang tiga Seruni, lalu lintas yang keluar dari pintu masuk tol Cilegon Timur didominasi oleh kendaraan roda empat yang berasal dari luar daerah. Umumnya pengendara menggunakan jalur itu untuk menuju kawasan wisata pantai Anyer dengan melalui akses Jalan Lingkar Selatan (JLS), sekaligus menghindari kepadatan kendaraan di ruas jalur protokol. Sebaliknya, pengendara dari arah Kota Cilegon menuju pintu tol Cilegon Timur juga nampak padat. “Kami memprediksi volume kendaraan terjadi peningkatan sekitar antara 30 hingga 40 persen dibandingkan dengan hari-hari biasa,” katanya.

Ia menerangkan, untuk mengantisipasi terjadinya antrean dan kemacetan lalu lintas kendaraan, pihaknya menerjunkan sebanyak 55 orang personel lalu lintas yang berasal dari Polres Cilegon dan dibantu 63 personel dari Polda Banten. “Personel dari Polda Banten itu dibagi tiga regu, jadi tidak semuanya terlibat di sini. Nah, untuk personel kita siagakan sampai dengan tanggal 8 Februari nanti,” tandasnya. (Devi Krisna)