Jelang Kejurnas, Atlet Silat PPLP Banten Digenjot Latihan

Atlet pencak silat PPLP Banten kompak saling membantu saat latihan rutin di GOR PPLP Banten, Drangong, Kota Serang, Jumat (12/4).

SERANG – Persiapan delapan atlet pencak silat Pusat Pendidikan
dan Latihan Pelajar (PPLP) Banten terus digenjot. Upaya itu untuk mengejar
prestasi di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Antar PPLP 2019.

Delapan atlet itu, yakni Margiarto, M Bangkit Tri Wijaya, Faisal
Akhdan Nafis, Irfan Maulana, Mardianto, Suhada Bayu Aji, Taruna Arsa, dan
Jamaludin. Latihan atlet kali ini lebih ditekankan pada kecepatan gerak,
teknik, daya tahan, dan strategi bertanding.

“Persiapan ini sudah berjalan dari awal tahun. Saat ini latihan sudah masuk persiapan khusus. Lima puluh persen atlet kita di antaranya atlet lama, dan 50 persen lagi merupakan atlet baru. Menu latihan sudah kami program dengan matang,” kata pelatih pencak silat PPLP Banten Aminudin, Rabu (17/4).

Selain latihan rutin di GOR PPLP Banten, Drangong, Kota Serang, Aminudin berencana membawa atletnya melakukan uji tanding di luar daerah. Uji tanding menjadi ajang menambah jam terbang dan meningkatkan mental bertanding atlet. “Rencananya akhir bulan April ini, kita akan mengadakan tryout ke Sopeng, Sumatera Utara. Tryout ini juga bertujuan untuk mengevaluasi hasil latihan atlet selama ini,” jelas Aminudin.

Aminudin berharap berbagai persiapan tersebut mampu mendongkrak prestasi atlet dalam kejurnas yang bakal berlangsung di Aceh, Juli 2019. Atlet diharapkan melampaui prestasinya di Kejurnas 2018 di Makassar. Kala itu atlet Banten merebut satu medali perak dan satu medali perunggu.

“Mudah-mudahan kita mendapatkan hasil yang terbaik dari Kejurnas 2019, atlet kita bisa menorehkan medali emas. Semoga di Kejurnas tahun ini, prestasi Banten tidak turun, bahkan bisa lebih banyak lagi meraih medali,” harap Aminudin.

Sementara itu, atlet pencak silat PPLP Banten Margiarto (17) optimistis mampu memboyong medali bagi Banten. Hal itu berkaca pada kesuksesan Margiarto meraih medali perunggu di Kejurnas Antar PPLP 2018 di Makassar lalu.

“Kalau untuk target saya di situ, minimal bisa bawa medali. Emas, perak, atau perunggu nanti lihat hasil saja. Utamanya saya bakal berupaya sekuat tenaga untuk berprestasi,” kata warga Lingkungan Kubang Laban, Kelurahan Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon itu. (rbs/nda/ira)