SERANG – Sehari menjelang pertandingan Perserang melawan Persib, Kamis (1/3) besok, Polres Serang Kota menyisir seluruh area Stadion Maulana Yusuf Ciceri, Kota Serang untuk mengantisipasi adanya gangguan baik sebelum, sedang dan sesudah pertandingan. Sedikitnya, Polres Serang Kota akan mengerahkan 736 personel dan 200 personel cadangan.

Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin, Rabu (28/2) mengungkapkan, “Kami on thhe spot langsung, Cek lokasi, termasuk kantong-kantong parkir yang kami gunakan, untuk menampung suporter dan para penonton yang besok sedianya akan menonton pertandingan Perserang melawan Persib.”

Hasil pantauannya, cukup banyak perbaikan dan penataan, di lingkungan Stadion Ciceri yang dijadikan konsep keamanan ring II, tempat dimana batas akhir kendaraan yang akan menuju ke arah Stadion Ciceri. Sambungnya, termasuk melakukan penyekatan-penyetatan kepada para pedagang yang masih berjualan di sekitar Stadion.

“Kenyataannya, masih banyak pedagang-pedagang yang berjualan di sekitar Stadion. Diprediksi besok, mereka akan tetap berjualan. Kami mengimbau dan mengarahkan pedagang, silakan menempatkan diri di posisi-posisi yang sudah kami berikan. Termasuk juga jangan berjualan di posisi yang kami larang. Ada beberapa titik yang memang kami akan lakukan dan arahkan kantong-kantong parkir penonton baik roda dua dan empat,” terangnya.

Kemungkinan, Kamis besok para supporter akan berdatangan dari berbagai daerah. Termasuk, Tangerang, Lebak, Serang, Pandeglang dan Cilegon. Untuk itu, ia akan melibatkan seluruh Polres samping untuk berangkat dan melakukan pengawalan dari masing-masing wilayah.

Indikasi gesekan atau gangguan selama proses pertandingan berjalan, Komarudin mengatakan Perserang dan Persib tidak memiliki sejarah yang dianggap kurang bagus. “Tapi di dalam mudah-mudahan besok pertandingan berjalan tertib. Namun pendukung lain di luar Perserang dan Persib, bisa saja melakukan tindakan di luar dari apa yang sewajarnya. Kami tidak segan-segan bertindak tegas, yang mencoba membuat kekacauan agenda kegiatan ini baik di dalam maupun di laur Stadion,” tegasnya.

Dalam penanganan situasi dan agar arus lalu lintas berjalan lancar, personel kepolisan akan melakukan tahapan sesuai SOP. Mulai tahapan situasi hijau dan merah hingga pemecahan arus, penutupan akses jalan termasuk pemisahan kelompok supporter.

“Termasuk adanya gangguan di luar Stadion. Kami ada tiga tim petugas sepeda motor gabungan Brimob. Mereka akan memantau aktifitas di lapangan sekiranya ada gesekan, akan diambil tegas oleh personel,” pungkasnya. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com).

BAGIKAN